Jumat 03 Jun 2016 22:43 WIB

Kemenpora Gelontorkan Rp 71 Miliar untuk Jambore Pramuka

Pramuka
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pramuka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelontorkan anggaran Rp 71 miliar untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Jambore Nasional (Jamnas) Gerakan Pramuka ke-20 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Barat, 14-21 Agustus.

Kepastian dukungan fasilitas dari Kemenpora itu tertuang dalam naskah kerja sama yang ditandatangani oleh Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora, Sanusi dan Sekjen Kwarnas Rafli Effendi yang dilakukan di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (3/6).

"Dukungan untuk Jamnas sesuai dengan DIPA Kemenpora yang seluruhnya sebesar Rp 71 miliar. Kami berharap bantuan ini memperlancar kegiatan Jamnas," kata Sanusi.

Sesuai dengan rencana, Jamnas ke-20 akan diikuti sebanyak 26 ribu peserta baik dari dalam maupun luar negeri. Dana yang dikucurkan oleh pemerintah ini juga akan digunakan untuk penambahan fasilitas Bumi Perkembangan Cibubur seperti MCK, listrik, air hingga poliklinik.

Sekjen Kwarnas Rafli Effendi merasa bersyukur dengan dukungan penuh dari pemerintah terhadap pelaksanaan Jamnas Gerakan Pramuka.

"Kami berharap Jambore yang sangat diidamkan seluruh Pramuka penggalang di seluruh Indonesia ini bisa berjalan dengan baik. Rencananya, Jambore ini akan dibuka langsung Presiden Joko Widodo," katanya.

Terkait dengan peserta, Rafli Effendi mengatakan, selain penggalang atau usia 10-12 tahun dari seluruh Indonesia, peserta juga datang dari seluruh negara ASEAN. Selain itu juga akan hadir perwakilan dari beberapa negara Eropa. Jamnas sendiri dilaksanakan bersamaan dengan Hari Pramuka yang jatuh 14 Agustus.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement