Rabu 17 Feb 2016 14:36 WIB

KA Siliwangi Siap Layani Warga Cianjur dan Sukabumi

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Nidia Zuraya
Rel kereta api, ilustrasi
Foto: Blogspot
Rel kereta api, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Masyarakat Cianjur dan Sukabumi tidak lama lagi akan menikmati pelayanan angkutan perintis kereta api dengan tarif yang sangat terjangkau. Kementerian Perhubungan telah menunjuk PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk melayani masyarakat pada jalur Cianjur-Sukabumi sepanjang kurang lebih 38,6 kilometer (km) dengan Kereta Api (KA) Siliwangi sebagai angkutan perintis kereta api.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan direncanakan akan meresmikan pengoperasian KA Siliwangi sebagai Angkutan Perintis Kereta Api Cianjur-Sukabumi pada Jumat (19/2) di Stasiun Cianjur, Jawa Barat.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub JA Barata mengatakan, nantinya KA Siliwangi akan melewati sejumlah stasiun antara lain Stasiun Cianjur, Stasiun Cilaku, Stasiun Cibeber, Stasiun Lampegan, Stasiun Cireungas dan Stasiun Gandasoli.

"Kementerian Perhubungan telah melakukan sejumlah pekerjaan guna peningkatan prasarana jalan KA pada relasi Cianjur-Sukabumi tersebut, diantaranya penggantian rel bantalan kayu menjadi bantalan besi antara Stasiun Lampegan-Stasiun Cibeber sepanjang 21,6 Km, perbaikan jalan KA yang longsor antara Stasiun Lampegan- Stasiun Cibeber, manteling dinding terowongan, peningkatan persinyalan, penanganan longsor dengan Retaining Wall Beton, dan penanggulangan badan jalan KA yang longsor akibat erosi aliran sungai," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (17/2).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement