Ahad 29 Sep 2024 07:27 WIB

Badai Helene Hajar Tenggara AS, 50 Lebih Meninggal

Badai Helene salah satu yang terdahsyat mendera Amerika Serikat.

Warga mengibarkan bendera Amerika di atas reruntuhan balai kota, pasca Badai Helene, di Horseshoe Beach, Florida, Sabtu, 28 September 2024.
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Warga mengibarkan bendera Amerika di atas reruntuhan balai kota, pasca Badai Helene, di Horseshoe Beach, Florida, Sabtu, 28 September 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTH CAROLINA - Lebih dari 50 orang dipastikan tewas dan hampir 3,5 juta orang hidup tanpa aliran listrik pada hari Sabtu, setelah angin kencang dan hujan lebat akibat Badai Helene. Badai itu mendatangkan malapetaka yang belum pernah terjadi sebelumnya di sebagian besar wilayah Amerika Serikat bagian tenggara. 

Banjir bersejarah terus berlanjut di bagian selatan Appalachian pada hari Sabtu, ketika petugas pertolongan pertama berupaya menjangkau komunitas-komunitas yang terdampar dalam kondisi yang sulit, sementara pemerintah setempat mulai menilai skala kerusakan dan pengungsian. “Sepertinya ada bom yang meledak,” kata Gubernur Georgia, Brian Kemp, setelah mengamati kerusakan dari udara pada Sabtu dilansir the Guardian. 

Baca Juga

“Mengatakan bahwa kami kurang persiapan adalah sebuah pernyataan yang meremehkan,” kata Quentin Miller, sheriff wilayah Buncombe, South Carolina Utara, di mana sebagian Asheville berada di bawah air dan beberapa menara seluler masih mati, sehingga menghambat upaya penyelamatan dan pemulihan. Layanan darurat telah menolak untuk mengkonfirmasi jumlah korban jiwa di wilayah tersebut sampai pemadaman komunikasi dapat dipulihkan dan keluarga terdekat diberitahu.

Dalam sebuah pernyataan juga pada hari Sabtu, Joe Biden mengatakan bahwa kepala Badan Manajemen Darurat Federal (Fema), Deanna Criswell, melakukan perjalanan ke seluruh wilayah tenggara untuk menilai kerusakan bersama pejabat negara bagian dan lokal lainnya.

“Saya sangat sedih dengan hilangnya nyawa dan kehancuran yang disebabkan oleh Badai Helene di wilayah tenggara… Pemerintahan saya terus berhubungan dengan pejabat negara bagian dan lokal untuk memastikan masyarakat mendapatkan dukungan dan sumber daya yang mereka butuhkan,” katanya. “Kami tidak akan pergi. Kami tidak akan menyerah.”

Kamala Harris, wakil presiden dan calon presiden dari Partai Demokrat, merilis pernyataannya sendiri pada hari Sabtu. “Hati saya tertuju kepada semua orang yang terkena dampak kehancuran yang disebabkan oleh Badai Helene,” kata Harris. “Presiden Biden dan saya tetap berkomitmen untuk memastikan bahwa tidak ada komunitas atau negara bagian yang harus merespons bencana ini sendirian. Personil federal berada di lapangan untuk mendukung keluarga yang terkena dampak sehingga sumber daya penting seperti makanan, air, dan generator tersedia.”

Helene mendarat pada Kamis malam di wilayah Big Bend Florida sebagai badai kategori 4, menghantam semenanjung dengan kecepatan angin 225 km/jam. Badai tersebut melemah menjadi badai tropis, bergerak cepat melintasi Georgia, Carolina, dan Tennessee, menumbangkan pohon-pohon, menghancurkan atap rumah, menyapu bersih mobil, membebani bendungan dan membanjiri sungai – sehingga seluruh masyarakat tidak dapat menyelamatkan diri ketika tanah longsor dan banjir melanda. Kombinasi angin kencang, hujan lebat, banjir dan tornado yang terjadi di Helene kemungkinan besar telah menyebabkan kerusakan senilai miliaran dolar, dengan seluruh pusat kota, jalan raya, dan sejumlah besar rumah serta tempat usaha hancur.

photo
Citra satelit dari National Oceanic and Atmospheric Administration menunjukkan Badai Helene, yang melemah menjadi topan tropis, di Amerika Serikat pada Jumat, 27 September 2024. - ((NOAA via AP))

Jonathan Porter, kepala ahli meteorologi di AccuWeather, memperkirakan kerugian akibat badai ini akan menelan biaya antara 95 miliar dolar AS dan 110 miliar dolar AS, sehingga berpotensi menjadikan badai ini salah satu badai termahal dalam sejarah modern AS. Menurut penghitungan Associated Press, sejauh ini Helene telah menyebabkan sedikitnya 56 kematian di Florida, Georgia, North Carolina, South Carolina dan Virginia, termasuk petugas pemadam kebakaran, seorang wanita dan anak kembarnya yang berusia satu bulan, lansia, dan seorang bayi berusia satu tahun yang rumahnya tertimpa pohon tumbang.

Banyak orang termasuk beberapa anak masih dirawat di rumah sakit karena luka serius. “Saya belum pernah melihat begitu banyak orang yang kehilangan tempat tinggal seperti saat ini,” kata Janalea England, dari Steinhatchee, Florida, sebuah kota sungai kecil di wilayah pedesaan Big Bend di negara bagian tersebut. Inggris telah mengubah pasar ikan komersialnya menjadi tempat sumbangan untuk teman dan tetangga, banyak dari mereka tidak bisa mendapatkan asuransi atas rumah mereka.

Hingga tengah hari pada hari Sabtu, lebih dari satu juta rumah dan tempat usaha masih mengalami pemadaman listrik di Carolina Selatan, dengan 750.000 rumah gelap gulita di seluruh Georgia dan 600.000 di Carolina Utara, menurut PowerOutage. Florida, Virginia, Ohio dan Kentucky juga terkena dampak buruknya, begitu pula puluhan ribu orang di Indiana, West Virginia dan Tennessee. Ancaman kematian dan kehancuran lebih lanjut masih terus terjadi, namun Helene telah melemah menjadi topan tropis dengan risiko berkurangnya curah hujan lebat tambahan saat bergerak melintasi lembah Tennessee, menurut National Hurricane Center.

Sejumlah evakuasi dan penyelamatan air secara dramatis dilakukan pada hari Jumat ketika hujan lebat yang belum pernah terjadi sebelumnya membebani bendungan dan sungai.

photo
Kehancuran di Faraway Inn Cottages and Motel terlihat setelah Badai Helene, di Cedar Key, Florida, Jumat, 27 September 2024. - (AP Photo/Stephen Smith)

Hujan tersebut memicu banjir terburuk dalam satu abad di Carolina Utara, di mana gubernurnya, Roy Cooper, menggambarkannya sebagai “bencana besar” dan tim pencarian dan penyelamatan dari 19 negara bagian dan pemerintah federal datang untuk membantu. Salah satu komunitas, Spruce Pine, disiram hujan setinggi lebih dari 2 kaki (0,6 meter) dari Selasa hingga Sabtu. Sebagian besar wilayah Carolina Utara bagian barat terputus akibat tanah longsor dan banjir yang memaksa penutupan jalan-jalan utama.

Di daerah pedesaan Unicoi di Tennessee timur, puluhan pasien dan staf diselamatkan dengan helikopter dari atap sebuah rumah sakit yang dikelilingi oleh air dari sungai yang banjir. Setelah meninjau kerusakan dengan helikopter, perwakilan AS yang terkejut, Diana Harshbarger, berkata: “Siapa yang mengira badai akan menimbulkan kerusakan sebesar ini di Tennessee timur?”

Sementara itu di Meksiko, setidaknya 22 orang dipastikan tewas pada hari Sabtu setelah Badai Tropis John melanda untuk kedua kalinya dan membanjiri kota resor Acapulco di selatan – yang masih belum pulih dari Badai Otis pada Oktober lalu. John pertama kali mendarat sebagai badai kategori 3 lebih jauh ke utara di negara bagian Michoacán, melemah di daratan, dan kemudian mengumpulkan kekuatan lagi di atas lautan sebelum mendarat di Acapulco.

Pihak berwenang setempat memohon bantuan dari pemilik perahu setelah hujan selama setahun yang mengguyur pegunungan pesisir memicu tanah longsor dan banjir besar di Acapulco dan tempat lain. Pemanasan global, yang dipicu oleh pembakaran bahan bakar fosil, memperparah badai tropis dengan menghasilkan kondisi yang memungkinkan terjadinya intensifikasi secara cepat, terkadang dalam hitungan jam, dan meningkatkan risiko banjir.

Badai Atlantik menjadi lebih mematikan seiring dengan pemanasan global – dan secara tidak proporsional membunuh orang-orang kulit berwarna di AS, menurut sebuah penelitian penting. Sekitar 20.000 kematian berlebih – jumlah kematian yang diamati dibandingkan jumlah kematian yang diperkirakan – terjadi segera setelah 179 badai dan angin topan melanda daratan AS antara tahun 1988 dan 2019. Pusat Badai Nasional saat ini memantau dua badai lagi yang bergerak melalui Atlantik – Badai Tropis Joyce dan Badai Issac, yang semakin kuat.

sumber : Reuters/Associated Press
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement