Sabtu 21 Sep 2024 10:32 WIB

Komandan Top Hizbullah di Antara 14 Korban Tewas Serangan Israel ke Lebanon

Rumah sakit menerima 66 korban luka akibat serangan, 9 di antaranya kritis.

Warga menyaksikan tim penyelamat tiba di lokasi serangan rudal Israel di pinggiran selatan Beirut, Jumat, 20 September 2024.
Foto: AP
Warga menyaksikan tim penyelamat tiba di lokasi serangan rudal Israel di pinggiran selatan Beirut, Jumat, 20 September 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Serangan udara Israel menewaskan sedikitnya 14 orang dan melukai 66 lainnya di pinggiran Beirut selatan, menurut Kementerian Kesehatan Lebanon pada Jumat (20/9/2024). Dalam sebuah pernyataan, kementerian tersebut mengatakan rumah sakit sejauh ini telah menerima 66 korban luka, termasuk sembilan orang dalam kondisi kritis.

Serangan tersebut menewaskan seorang komandan tinggi Hizbullah dan sejumlah tokoh senior lainnya. Militer Israel dan sumber keamanan di Lebanon mengatakan Ibrahim Aqil telah tewas bersama sejumlah anggota senior lainnya dari unit elit Hizbullah dalam serangan udara tersebut.

Baca Juga

Hizbullah mengonfirmasi kematian Aqil dalam sebuah pernyataan tepat setelah tengah malam yang menyebutnya sebagai "salah satu pemimpin utamanya," tanpa memberikan rincian tentang bagaimana ia meninggal. Serangan ini telah meningkatkan konflik selama setahun antara Israel dan kelompok yang didukung Iran tersebut.

Dalam pernyataan selanjutnya yang meringkas biografi Aqil, Hizbullah mengatakan ia terbunuh di pinggiran selatan Beirut, Dahiyeh, dalam apa yang disebutnya sebagai "pembunuhan Israel yang berbahaya".

Kementerian kesehatan Lebanon mengatakan sedikitnya 14 orang tewas dalam serangan itu dan jumlah korban diperkirakan akan bertambah karena tim penyelamat bekerja sepanjang malam. Tidak segera diketahui apakah jumlah korban termasuk Aqil dan komandan Hizbullah lainnya.

Sebelumnya, kementerian mengatakan sedikitnya 66 orang terluka, sembilan di antaranya dalam kondisi kritis. Sumber keamanan kedua mengatakan sedikitnya enam memerintahkan Hizbullah lainnya tewas ketika beberapa rudal menghantam pintu garasi sebuah gedung.

Pertemuan itu menghancurkan lantai bawah gedung saat Aqil bertemu dengan komandan lain di dalam. Saksi mata melaporkan mendengar siulan keras dan beberapa ledakan beruntun saat serangan itu terjadi.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement