Kamis 08 Aug 2024 14:59 WIB

Implementasi Visi Pembangunan IndonesiaSentris di Kepulauan Bangka Belitung

Pemerataan pembangunan yang dilakukan Indonesia Sentris berdampak di Babel.

 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang terdiri dari banyak pulau besar dan kecil. Pemerataan pembangunan yang dilakukan Indonesia Sentris juga berdampak pada salah satu pulaunya yaitu Kepulauan Pongok di ujung selatan Pulau Bangka.
Foto:

Menjelajah Tanpa Batas

Dengan pesatnya perkembangan teknologi di zaman modern, sangatlah penting untuk memiliki akses internet di segala bidang untuk menunjang kehidupan kita. Sebagai negara yang dipisahkan oleh lautan, penguatan jaringan internet secara merata di seluruh tanah air dapat menciptakan keterhubungan antar wilayah dari ujung barat nusantara hingga ujung timur.

Pemerataan pembangunan infrastruktur juga sejalan dengan konsep Indonesia sentris yang mengedepankan pembangunan berimbang dan berkeadilan. Masyarakat Kepulauan Pongok lambat laun mulai terbiasa dengan kemajuan teknologi.

Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika, hingga tahun 2021, sebagian desa di Kecamatan Pongok Kepulauan masih blank spot. Untuk mendukung penggunaan internet, pemerintah meluncurkan Program Aksi WiFi Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

Desa Pongok merupakan salah satu desa sasaran program. Akses internet ini memberikan peluang baru bagi masyarakat lokal untuk mengakses informasi dan layanan digital guna meningkatkan kualitas hidup mereka, sehingga mengarah pada peningkatan pendidikan dan pertumbuhan ekonomi lokal.

“Sekarang kami memiliki BTS (Base Transceiver Station) di sini dan masyarakat dapat menikmati akses internet. Namun listrik yang dihasilkan oleh menara transmisi tidak stabil karena kurangnya pasokan bahan bakar, terutama saat cuaca buruk mungkin terganggu di sini,'' jelas Sekcam Kepulauan Pongok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement