Rabu 18 Sep 2024 17:38 WIB

Istana Sebut Kaesang dan Erina Jadi Korban Kebencian karena Naik Jet

Hasan Nasbi menilai, Kaesang dan Erina seperti mendapatkan pengadilan oleh pers.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran Bidang Komunikasi, Hasan Nasbi.
Foto: Republika.co.id
Anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran Bidang Komunikasi, Hasan Nasbi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan/Presidential Communication Office, Hasan Nasbi merespons kabar Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dan sang istri Erina Gudono yang menggunakan pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat (AS). Dia menilai, Kaesang bukan pejabat publik.

Dalam sebuah video siniar yang diunggah di akun Instagram @hasan_nasbi dikutip di Jakarta, Rabu (18/9/2024), Hasan menegaskan, di tengah banyaknya pejabat publik yang menggunakan pesawat jet, Kaesang menggunakan fasilitas tersebut dengan status bahwa dirinya bukan pejabat publik dan memiliki bisnis sendiri.

Baca Juga

"Konteks private jet ini kan yang disorot soal gaya hidup, kemudian dikaitkan bahwa Mas Kaesang adalah anaknya Presiden. Saya ingin ngasih statement, pertama bahwa Mas Kaesang ini bukan pejabat publik dan dia sudah dewasa, dia sudah punya hidup sendiri, sudah punya bisnis sendiri dan dia bukan pejabat publik," kata Hasan dalam video tersebut.

Hasan pun menyinggung Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri yang kerap kali menggunakan pesawat jet pribadi, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dia menegaskan, Kaesang dan Megawati keduanya bukanlah pejabat publik.

Kemudian, Hasan juga menyinggung Mahfud MD yang saat masih menjabat sebagai menko polhukam, kerap menggunakan pesawat jet pribadi milik Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 M Jusuf Kalla (JK). Di sisi lain, Kaesang sebagai putra bungsu Presiden Joko Widodo yang menggunakan pesawat jet pribadi justru menjadi berita yang heboh.

Hasan menilai, kondisi tersebut seperti pengadilan oleh pers (trial by press) terhadap Kaesang dan Erina karena ada faktor kebencian. "Saya merasa ini kayak semacam trial by press terhadap Mas Kaesang karena soal kebencian tadi. Kebencian yang mereka tumpuk-tumpuk kemudian ketemu ini kemudian diglorifikasi," kata Hasan.

Hasan pun meminta publik melihat secara adil dan tidak menyudutkan Kaesang maupun Presiden Jokowi. Sebelumnya Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono mendapat banyak sorotan di media sosial, salah satunya mengenai penggunaan jet pribadi ketika melakukan perjalanan ke AS.

Dugaan gratifikasi itu diperbincangkan warganet, seperti di media sosial X, setelah istri Kaesang, Erina Gudono, mengunggah pemandangan dari dalam jet pribadi melalui media sosial Instagram. Erina mengunggah foto itu bertepatan warganet sedang ribut DPR RI akan merevisi UU Pilkada untuk menghindari putusan MK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement