Kamis 24 Aug 2023 14:17 WIB

Pj Gubernur Babel Komitmen Wujudkan Pemilu Damai 2024

Pj Gubernur Babel mengimbau masyarakat Babel jalankan Pemilu 2024 dengan damai.

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu, menghadiri kegiatan Penandatanganan Komitmen Bersama Untuk Mewujudkan Pemilu Damai 2024.
Foto: Dok. Pemprov Babel
Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu, menghadiri kegiatan Penandatanganan Komitmen Bersama Untuk Mewujudkan Pemilu Damai 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu menghadiri kegiatan Penandatanganan Komitmen Bersama untuk Mewujudkan Pemilu Damai 2024. Kegiatan yang diselenggarakan bersama antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kep Babel dan Kepolisian Daerah (Polda) Babel tersebut dilaksanakan di Ballroom Grand Safran Hotel, Pangkalpinang, Kamis (24/8/2023). 

Pj Gubernur Suganda berharap komitmen bersama ini dapat mencerminkan kesiapan seluruh elemen, baik pengawas, penyelenggara, peserta pemilu, maupun masyarakat untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai, aman, dan kondusif.

Baca Juga

"Komitmen bersama ini penting dilakukan, karena dengan komitmen ini mudah-mudahan kita semua, terutama partai politik peserta pemilu bisa mengikuti semua aturan yang ada sehingga pemilu dapat dilaksanakan dengan damai, baik itu dalam masa kampanye ataupun nanti pada waktu pencoblosan," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Kamis (24/8/2023).

Selain itu, Suganda juga mengimbau kepada masyakarakat Babel untuk menjalankan rangkaian pesta demokrasi 2024 dengan damai, tidak terkotak-kotakkan oleh perbedaan pilihan, dan tetap saling berdampingan. Hal ini menjadi penting guna menjaga pesta demokrasi tetap kondusif hingga ditetapkannya calon yang terpilih.

"Namanya pesta demokrasi ya harus senang-senang, masyarakat jangan mau terkotak-kotakkan oleh pilihan, berikan suara sesuai pilihan, tapi tetap damai dan saling berdampingan," ujarnya.

Kapolda Babel Irjen Pol Yan Sultra berharap, pemilu di Babel dapat berjalan lancar, aman, dan damai. Komitmen bersama ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengawas, penyelenggara, maupun peserta pemilu untuk tidak melakukan kecurangan dalam setiap tahapan.

 

photo
Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu, menghadiri kegiatan Penandatanganan Komitmen Bersama untuk Mewujudkan Pemilu Damai 2024. - (Dok. Pemprov Babel)
 

"Komitmen bersama ini seyogianya harus kita patuhi, tidak hanya sekadar dibaca, dan ditandatangani sebagai seremoni, tapi juga harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," ujar kapolda.

Saat ini, tahapan pemilu di Prov Babel memasuki masa tanggapan masyarakat terhadap daftar calon sementara (DCS), sebelum ditetapkan menjadi daftar calon tetap (DCT) pada Oktober 2023 mendatang.

 

Berikut beberapa komitmen yang tertulis terkait peserta Pemilu 2024 dari seluruh elemen masyarakat Babel:

1. Siap menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI untuk menjaga nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945

2. Siap mendukung Pemilu 2024 yang berintegritas tanpa hoax, ujaran kebencian, politisasi SARA, politik identitas, dan money politic

3. Siap mewujudkan Pemilu 2024 yang bersih, bermartabat, sejuk, aman, damai dan kondusif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement