Kamis 24 Aug 2023 13:02 WIB

Applause Wakil Ketua DPRD Beliadi untuk BKPSDMD Babel

Beliadi berharap serangkaian prestasi BKPSDMP memotivasi OPD lain

Atas prestasi-prestasi gemilang yang diraih, Kepala BKPSDMD Babel, Susanti mengungkapkan rasa syukur atas amanah dan anugerah yang telah diberikan Allah SWT.
Foto: Dok Pemprov Babel
Atas prestasi-prestasi gemilang yang diraih, Kepala BKPSDMD Babel, Susanti mengungkapkan rasa syukur atas amanah dan anugerah yang telah diberikan Allah SWT.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Beliadi memberikan applause dan apresiasi kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Babel. Pasalnya, perangkat daerah yang dipimpin oleh Susanti itu meraih berbagai prestasi baik di tingkat daerah maupun nasional dalam 2 (dua) tahun terakhir ini. 

Atas serentetan prestasi yang didapat BKPSDMD Babel itu, semakin menguatkan dan sejalan dengan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 pada 2023 ini, yang dirayakan dengan semangat untuk terus melaju untuk Indonesia Maju. 

"Saya berikan applause atas prestasi yang sudah diraih oleh BKPSDMD, baik atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung maupun atas nama BKPSDMD sendiri," ujar Wakil Ketua DPRD Babel, Beliadi, saat ditemui Rabu (23/8/2023).

Beliadi ingin agar sederetan prestasi ini dapat menjadi contoh dan motivasi serta pemacu bagi perangkat daerah lain.

"Saya ingin perangkat daerah lain yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga dapat memberikan kontribusi yang sama demi daerah kita, seperti BKPSDMD. Tidak banyak gaya, tapi prestasi segudang," katanya.

Sebelumnya, Beliadi sempat mengonfirmasi terkait data akan prestasi tingkat nasional yang diraih oleh seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Saya kemarin tanya ke staf saya, apakah ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini dinas yang ada prestasi secara nasional karena saya kesulitan mendapatkan datanya. Ada data yang saya dapat tapi tidak sesuai dengan fakta di lapangan," ujarnya.

Tidak patah semangat, Beliadi lantas minta cek ke BKPSDMD dan ternyata ada. 

"Saya senang bisa mengetahui data prestasi ini. Saya ucapkan selamat buat Bu Susanti dan jajaran atas capaian prestasi terkhusus yang diraih tahun 2022 dan 2023 baru-baru ini,” ujarnya sumringah.

photo
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Beliadi memberikan applause dan apresiasi kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Babel - (dok Pemprov Babel)

 

Sementara itu, atas prestasi-prestasi gemilang yang diraih, Kepala BKPSDMD Babel, Susanti mengungkapkan rasa syukur atas amanah dan anugerah yang telah diberikan Allah SWT.

"Alhamdulillah, BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih prestasi berupa pengakuan atas kinerja dalam kurun waktu dua tahun berkarya (2021-2022), dengan tujuan utama untuk memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang makin maju, khususnya untuk pelayanan kepegawaian," katanya penuh syukur.

Menurut dia, capaian tersebut adalah merupakan hasil kerja keras bersama dengan seluruh jajaran beserta staf yang telah memberikan alokasi waktu, pikiran, dan kerja cerdasnya demi mewujudkan pelayanan kepegawaian yang profesional.

Tak lupa, kepala BKPSDMD Babel ini juga berpesan kepada seluruh aparatur di lingkup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk terus meningkatkan kinerja yang penuh dedikasi sebagai kontribusi terbaik bagi negeri karena menjadi investasi yang fundamental untuk membangun negeri.

Hal itu juga sesuai dengan tema Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 yang mengambil tema "Terus Melaju untuk Indonesia Maju". Oleh karena itu, prestasi yang telah dicapai ini akan menjadi pendorong untuk terus melaju dalam berkarya. 

“Mari kita terus berkarya memberikan yang terbaik bagi negeri agar menjadi teladan bagi generasi penerus bahwa dengan berkarya kita sudah turut dalam upaya pembangunan negeri ini,” katanya.

Ada pun Prestasi yang diperoleh sepanjang tahun 2021-2022, baik atas nama BKPSDMD maupun Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, antara lain:

1. Penghargaan Terbaik ke-4 sebagai Lembaga Pelatihan Daerah Berprestasi Se-Indonesia yang diberikan oleh Lembaga Administrasi Negara kepada BKPSDMD (6 Agustus 2021).

2. Peringkat Ke-3 untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Tahun 2020 yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada BKPSDMD (27 September 2021).

3. Peringkat Ke-4 untuk Reformasi Birokrasi (RB) Tahun 2020 yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada BKPSDMD (27 September 2021),

4. Peringkat Ke-3 untuk Rapor Kinerja Tahun 2020 yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada BKPSDMD (27 September 2021).

5. Keberhasilan Penerapan Sistem Merit Dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara Dengan Predikat “Baik” yang diberikan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (30 November 2021),

6. Partisipasi Dalam Pilot Project Pengukuran Indeks Maturitas Penerapan Nilai Dasar, Kode Etik dan Kode Perilaku ASN (IM-NKK) Dengan Kategori “Tinggi" yang diberikan oleh KASN kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (15 Desember 2021).

7. Perangkat Daerah Terbaik 2021 - Prestasinya Dalam Penyelenggaraan Kinerja Perangkat Daerah Tahun 2021 yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada BKPSDMD (Juli 2022).

8. SAKIP Award 2021 - Prestasi Dalam Penyelenggaraan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2021 yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada BKPSDMD (Juli 2022),

9. BKN Award 2022 Special Mention - Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian BKN yang diberikan oleh Badan Kepegawaian Negara kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (21 Juli 2022),

10. BKN Award 2022 - Penghargaan atas Prestasi Kerja di Bidang Pelayanan Kepegawaian Sehingga Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mendapatkan Penghargaan BKN Award Kategori "Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian" kepada Susanti (21 Juli 2022),.

11. Anugerah Penilaian Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Tahun 2021 - Penghargaan atas Keberhasilannya Menerapkan Sistem Merit Dalam Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi JPT Tahun 2021 dengan Kategori “Baik” yang diberikan oleh KASN kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (6 Oktober 2022), 

12. Sertifikat Sebagai Lembaga Penyelenggara Pelatihan Terakreditasi Dengan Kategori Bintang 1 yang diberikan oleh Lembaga Administrasi Negara kepada BKPSDMD (7 Oktober 2022),

13. Sertifikat Sebagai Lembaga Penyelenggara Pelatihan Terakreditasi Untuk Menyelenggarakan Program Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Dengan Kategori Akreditasi B yang diberikan oleh LAN kepada BKPSDMD (7 Oktober 2022).

14. Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah Terakreditasi B di Bidang Teknis Penanggulangan Bencana Dalam Menyelenggarakan Program Pendidikan dan Pelatihan Dasar Manajemen Bencana yang diberikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana kepada BKPSDMD (11 Oktober 2022),y

15. BKN Award 2023 - Peringkat Ke-2 Kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja untuk Pemerintah Provinsi Tipe Kecil yang diberikan oleh BKN kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (30 Mei 2023),

16. BKN Award 2023 - Penghargaan Peringkat Ke-5 Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian untuk Pemerintah Provinsi Tipe Kecil yang diberikan oleh BKN kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (30 Mei 2023), 

17. Akreditasi "A" sebagai Lembaga Pelatihan untuk Program Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang diberikan oleh LAN kepada BKPSDMD (15 Juni 2023), 

18. Akreditasi "B" sebagai Lembaga Pelatihan untuk Program Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) yang diberikan oleh LAN kepada BKPSDMD (15 Juni 2023).

19. Piagam Penghargaan Perangkat Daerah Terbaik 2022 yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada BKPSDMD (21 Juni 2023),

20. Piagam Penghargaan Rapot Kinerja Tahun 2022 - Kategori Kehadiran Pegawai Setahun Terbaik Tahun 2022 yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada BKPSDMD (21 Juni 2023),

21. Piagam Penghargaan - Kategori Layanan SPBE Perangkat Daerah Terbaik Tahun 2022 yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada BKPSDMD (21 Juni 2023),

22. Piagam Penghargaan - Kategori Pengukuran Capaian Kinerja Tahunan Terbaik Tahun 2022 yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada BKPSDMD (21 Juni 2023), dan

23. Akreditasi "A" untuk Penyelenggaraan Pelatihan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah yang diberikan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah kepada BKPSDMD (25 Juni 2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement