Kamis 08 Aug 2024 14:59 WIB

Implementasi Visi Pembangunan IndonesiaSentris di Kepulauan Bangka Belitung

Pemerataan pembangunan yang dilakukan Indonesia Sentris berdampak di Babel.

 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang terdiri dari banyak pulau besar dan kecil. Pemerataan pembangunan yang dilakukan Indonesia Sentris juga berdampak pada salah satu pulaunya yaitu Kepulauan Pongok di ujung selatan Pulau Bangka.
Foto:

Anak-anak Pongok Kini Bisa Bermimpi

Indonesia menunjukkan komitmennya terhadap pendekatan Indonesia melalui pengembangan sumber daya manusia dengan fokus pada pertumbuhan berkualitas di bidang pendidikan. Program-program seperti dukungan pendidikan, penyediaan infrastruktur, pelatihan dan sertifikasi guru, serta pengembangan kurikulum terkait akan meningkatkan kualitas pendidikan.

Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran juga menjamin pemerataan akses terhadap pendidikan, yang menunjukkan bahwa pengembangan sumber daya manusia merupakan prioritas utama untuk mencapai visi IndonesiaSentris. Sekolah merupakan salah satu pilar penting bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat.

Saat ini terdapat tiga sekolah dasar, satu sekolah menengah pertama, dan satu sekolah menengah atas di Kecamatan Pongok. Sekolah di Kepulauan Pongok menggunakan sistem pembelajaran kurikulum Merdeka Belajar.

Beberapa sekolah telah mengintegrasikan penggunaan teknologi pembelajaran digital ke sekolah menengah. Guru juga dibekali berbagai pelatihan keterampilan untuk meningkatkan kemampuannya. Peningkatan akses pendidikan ini, tentu saja sangat penting bagi masyarakat Kepulauan Pongok.

Jumlah anak sekolah dari tahun ke tahun semakin meningkat, dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, di Kepulauan Pongok ini hanya ada satu sekolah (tingkat dasar). Itulah sebabnya dalam data di tahun lampau, banyak anak di Kepulauan Pongok putus sekolah, yang disebabkan karena jauhnya sekolah lanjutan.

“Senang sekali bisa bersekolah di sini. Dulu kalau mau SMP harus keluar pulau dan berangkat ke Toboali (Ibukota Kabupaten Bangka Selatan)” ucap ibu enam anak yang tinggal di desa Celagen, Na’imah.

Pemerataan pembangunan meningkatkan semangat anak untuk terus belajar dan tetap bersekolah. Mereka memiliki ambisi besar dan harapan untuk masa depan yang lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement