Sabtu 29 Jun 2024 12:51 WIB

IISMA Jadi Jalan Para Alumninya Raih Beasiswa S2 di Luar Negeri

IISMA membuka kesempatan beasiswa lanjutan bagi para alumninya.

Wulan Rianti dan Mukhammad Jamaludin berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan S-2 berbekal pengalamannya di IISMA.
Foto: Dok Republika
Wulan Rianti dan Mukhammad Jamaludin berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan S-2 berbekal pengalamannya di IISMA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) tidak hanya memberikan kesempatan bagi para pesertanya untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan global, tetapi juga membuka kesempatan beasiswa lanjutan bagi para alumninya. Hal ini seperti yang alami oleh Wulan Rianti dan Mukhammad Jamaludin. Keduanya berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan S-2 berbekal pengalamannya di IISMA. 

Wulan Rianti merupakan alumni program IISMA Coventry University, United Kingdom tahun 2022 lalu. Saat ini Wulan tercatat sebagai mahasiswa program Master by Research di Coventry University yang tak lain merupakan host universitasnya saat mengikuti program IISMA. 

Baca Juga

Alumnus Jurusan Administrasi Niaga, Program Studi Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE), Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) ini merasa IISMA telah membuka banyak kesempatan dalam hidupnya. Kesempatan tersebut diantaranya mulai dari berkunjung ke industri-industri terbaik di Inggris, memperluas jaringan internasional, hingga kesempatan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Inggris. 

“Sejak awal saya dinyatakan lulus program IISMA saya sudah bertekad untuk menjalani program ini dengan sungguh-sungguh. Saya harus memanfaatkan program ini sebagai batu loncatan untuk masa depan saya,” ujar Wulan. 

Gayung pun bersambut, tawaran untuk beasiswa untuk program Master by Research akhirnya datang. Tawaran beasiswa ini disampaikan langsung oleh Profesor Benny Tjahjono yang merupakan Professor of Supply Chain Management di Coventry University. Prof Benny juga menjadi salah satu orang yang paling mendukung dan memberikan pendampingan total bagi para mahasiswa Indonesia di kampus tersebut, termasuk penerima beasiswa (awardee) IISMA.

“Rupanya Coventry University memang memberikan peluang beasiswa penuh kepada 20 politeknik di Indonesia. Beasiswa diberikan karena Coventry University tertarik untuk mencari talenta-talenta berbakat yang berasal dari politeknik-politeknik di Indonesia, di antaranya adalah PNJ,” kata Wulan.

Saat mendengar informasi mengenai beasiswa tersebut, Wulan langsung menunjukkan ketertarikannya. Ia rajin mencari berbagai informasi terkait beasiswa tersebut, termasuk bidang-bidang penelitian apa yang banyak dilakukan di Coventry. 

“Pada saat itu, setahu saya kalau tidak salah sekitar 15 orang yang mengumpulkan expression of interest sebagai salah satu syarat awal yang harus dipenuhi oleh mahasiswa,” kata Wulan.

Wulan juga harus....

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement