Sabtu 29 Jun 2024 06:02 WIB

Biden Belepotan Saat Debat Capres AS, Demokrat Cari Pengganti?

Tidak banyak kemungkinan yang terjadi kecuali Biden mundur.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden memaparkan jawabannya saat debat melawan mantan presiden AS Donald Trump yang diselenggarajan oelh CNN, Kamis (28/6/2024).
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Presiden Amerika Serikat Joe Biden memaparkan jawabannya saat debat melawan mantan presiden AS Donald Trump yang diselenggarajan oelh CNN, Kamis (28/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penampilan calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden saat debat melawan kandidat Partai Republik, Donald Trump terbilang 'goyah'. Politico melaporkan, Partai Demokrat saat ini aktif mendiskusikan kemungkinan untuk mengganti Joe Biden dalam pencalonan mereka untuk Pemilu 5 November mendatang. 

Harapan di kalangan Partai Demokrat bahwa penampilan yang kuat dari Biden, presiden berusia 81 tahun akan meredakan kekhawatiran mengenai usianya yang sudah tua ternyata sia-sia, demikian diakui oleh media tersebut pada Kamis. "Sebaliknya, [debat] justru sebaliknya," membuat partai tersebut "panik," kata Politico dilansir dari Russian Today.

Baca Juga

"Tidak ada yang menduga penurunan ini," kata seorang penasihat senior pejabat tinggi Partai Demokrat kepada media tersebut. Biden "buruk dalam menyampaikan pesan, buruk dalam substansi, buruk dalam menyerang balik, buruk dalam presentasi, buruk dalam non-verbal. Tidak ada titik terang dalam debat ini baginya."

Menurut laporan tersebut, tiga ahli strategi yang dekat dengan tiga calon presiden potensial dari Partai Demokrat telah dibombardir dengan pesan teks saat debat yang diselenggarakan CNN di Atlanta, Georgia, berlangsung.

Seorang penasihat mengatakan kepada Politico bahwa sesama anggota Partai Demokrat menginginkan kandidat mereka untuk maju sebagai alternatif Biden. Yang lain mengklaim bahwa mereka telah menerima tidak kurang dari setengah lusin donor utama yang mengirim pesan 'bencana'. Untuk itu, partai diminta perlu melakukan sesuatu.

Meski demikian, penasihat tersebut menekankan bahwa "tidak banyak yang mungkin terjadi" kecuali Biden sendiri memutuskan untuk menarik diri dari persaingan, kata media tersebut.

Dalam debat yang berlangsung di gedung CNN di Atlanta pada Kamis, Biden terlihat terbata-bata. Ia kerap salah kata dan terdiam dalam waktu yang lama. Saat Trump berbicara, ia hanya menatap dengan mulut menganga. Bahkan kolumnis ternama the New York Times, Thomas Friedman yang kerap membela Biden, memintanya mundur. 

Kemungkinan untuk mengganti Biden sebagai calon presiden (capres) dari Demokrat terbuka meski prosesnya akan mengacak-acak partai itu. Elaine Kamarck, peneliti senior di lembaga think tank Brookings Institution, anggota Komite Nasional Demokrat (DNC) dan penulis buku "Primary Politics" tentang proses pencalonan presiden menilai hal itu bisa terjadi.

Partai Demokrat sejauh ini tidak memiliki rencana cadangan yang nyata untuk Biden sebagai calon presidennya. Dia mencalonkan diri tanpa lawan dalam pencalonan presiden dari partai tersebut tahun ini. 

Ia baru akan dicalonkan secara resmi pada akhir musim panas ini, sehingga masih ada waktu untuk membuat perubahan dan beberapa skenario untuk mewujudkannya. Diantaranya, Biden dapat memutuskan untuk mundur sebelum ia dicalonkan; dia bisa saja ditantang oleh orang lain yang mencoba memenangkan delegasi yang telah dia kumpulkan; atau dia dapat menarik diri setelah konvensi Partai Demokrat di Chicago pada bulan Agustus, sehingga Komite Nasional Partai Demokrat harus memilih seseorang untuk mencalonkan diri melawan Trump untuk menggantikannya.

Saat ini, prosesnya sangat bergantung pada Biden. Dia harus setuju untuk mundur atau menghadapi penantang selarut ini yang akan mencoba memaksanya untuk melakukan hal tersebut. Sejauh ini Biden belum menunjukkan indikasi ingin mundur dan belum ada lawan yang menantangnya secara langsung. Faktanya, beberapa calon penggantinya – Wakil Presiden Kamala Harris dan Gubernur Kalifornia Gavin Newsom – berbicara dengan penuh semangat dalam pembelaan terhadap Biden setelah debat.

Biden telah menghabiskan beberapa bulan terakhir mengumpulkan hampir 4.000 delegasi Partai Demokrat dengan memenangkan pemilihan pendahuluan di negara bagian dan teritori AS. Para delegasi tersebut biasanya akan memilih dia, namun peraturan tidak mengikat atau memaksa mereka untuk melakukan hal tersebut; delegasi dapat memilih dengan hati nuraninya, yang berarti mereka dapat memberikan suaranya kepada orang lain. Jika Biden “melepaskan” delegasinya dengan menyingkir, mungkin akan terjadi persaingan antar kandidat Partai Demokrat lainnya untuk menjadi calon.

Beberapa kandidat bisa saja ikut serta dalam persaingan, namun belum ada kandidat nomor satu yang jelas. Wakil Presiden Harris hampir pasti akan berada di urutan teratas dalam daftar tersebut, namun ia juga mempunyai permasalahan tersendiri setelah awal yang sulit dalam pekerjaannya dan jajak pendapat yang buruk, membuka peluang baru. Konstitusi AS menetapkan bahwa wakil presiden menjadi presiden jika presiden meninggal atau menjadi tidak mampu, namun hal ini tidak mempertimbangkan proses antar partai dalam memilih calon presiden.

Presiden Joe Biden mengatakan pada Jumat bahwa ia tetap bertekad mengalahkan saingannya dari Partai Republik Donald Trump dalam pemilihan presiden bulan November, tidak memberikan tanda-tanda bahwa ia akan mempertimbangkan untuk mundur dari pencalonan setelah kinerja debat yang lemah yang mengecewakan rekan-rekan Demokratnya. "Saya tahu saya bukan seorang pemuda, untuk menyatakan hal yang sudah jelas," kata Biden yang bersemangat pada rapat umum satu hari setelah debat.

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement