Kamis 13 Jun 2024 16:33 WIB

Siap Mengguncang, Ini Peserta dan Jadwal Lengkap Laga Grup A Sampai C Euro 2024

Jerman akan bermain pada laga pembuka melawan Skotlandia di Allianz Arena.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Prancis Adrien Rabiot berebut bola dengan pemain Jerman Florian Wirtz.
Foto:

Grup B

Spanyol 

Spanyol sedang mencari gelar Eropa ketiga mereka setelah kemenangan beruntun pada 2008 dan 2012 dan kekalahan di semifinal dari Italia pada turnamen terakhir.

Tim yang dilatih Luis de la Fuente sejak Piala Dunia 2022 ini akan menampilkan pemain sayap Barcelona berusia 16 tahun Lamine Yamal dan pemain berpengalaman seperti gelandang Manchester City Rodri dan striker Atletico Madrid Alvaro Morata.

Kroasia 

Kroasia akan berupaya untuk melaju melampaui babak perempat final Kejuaraan Eropa untuk pertama kalinya. Kroasia akan memadukan talenta muda dengan para pilar berpengalaman seperti Luka Modric dari Real Madrid dan Ivan Perisic dari Tottenham Hotspur.

Tim yang mencapai final Piala Dunia 2018 dan semifinal empat tahun kemudian, akan diperkuat bek Manchester City Josko Gvardiol di jantung pertahanan mereka. Zlatko Dalic telah melatih tim tersebut sejak 2017.

Italia 

Italia adalah juara bertahan, namun banyak yang berubah sejak kesuksesan mereka pada tahun 2021. Pada bulan Agustus, Luciano Spalletti, yang membawa Napoli meraih gelar Serie A, menjadi manajer baru setelah Roberto Mancini tiba-tiba mengundurkan diri setelah lima tahun memimpin.

Tim mengamankan tempat di Euro 2024 dengan menempati posisi kedua di grup kualifikasi mereka. Skuad mereka diperkuat oleh talenta-talenta muda yang menjanjikan setelah banyak veteran yang hengkang setelah Euro 2020. Italia juga menjuarai Kejuaraan Eropa pada tahun 1968.

Albania

Setelah mencetak debutnya pada 2016, Albania siap berkompetisi di kejuaraan Eropa kedua kalinya setelah mereka memenangkan grup kualifikasi, mengungguli Republik Ceko dan Polandia, berkat tujuh pertandingan beruntun tak terkalahkan.

Albania, yang menunjuk manajer Brasil Sylvinho pada Januari 2023, memiliki sembilan pemain dari Serie A Italia. Mereka akan mengandalkan talenta muda seperti gelandang Inter Milan Kristjan Asllani dan striker Chelsea Armando Broja.

Jadwal 

Spanyol v Kroasia 15 Juni pukul 23.00 WIB  di Berlin

Italia v Albania 15 Juni pukul 02.00 WIB di Dortmund

Kroasia v Albania 19 Juni pukul 20.00 di Hamburg

Spanyol v Italia 20 Juni pukul 02.00 WIB  di Gelsenkirchen

Albania v Spanyol 24 Juni pukul 02.00 WIB di Duesseldorf

Kroasia v Italia 24 Juni pukul 02.00 WIB di Leipzig

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement