Kamis 13 Jun 2024 07:28 WIB

Euro 2024, Penebusan Jerman di Rumah Sendiri

Jerman akan memainkan pertandingan pembuka Grup A melawan Skotlandia.

Pelatih timnas Jerman Julian Nagelsmann (tengah) memimpin latihan timnya.
Foto: EPA-EFE/RONALD WITTEK
Pelatih timnas Jerman Julian Nagelsmann (tengah) memimpin latihan timnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jerman memulai upaya mereka untuk meraih gelar besar pertama dalam satu dekade pada akhir pekan ini saat membuka perhelatan Euro 2024. Jerman akan memainkan pertandingan pembuka Grup A melawan Skotlandia di Stadion Allianz Arena pada Sabtu (15/6/2024) dini hari WIB.

Pesta sepak bola Eropa ini yang akan berlangsung sebulan diharapkan menjadi pesta sesungguhnya untuk penggemar Die Mannschaft.

Baca Juga

Jerman telah memenangi empat Piala Dunia dan tiga Piala Eropa. Namun reputasi cemerlang mereka di turnamen ini agak ternoda dengan serangkaian kegagalan sejak terakhir juara di Piala Dunia 2014 Brasil.

 

Mereka tersingkir dari dua Piala Dunia berikutnya di babak penyisihan grup, penampilan terburuk mereka dalam lebih dari 80 tahun, dan tersingkir dari Euro terakhir di babak 16 besar.

Dengan Piala Eropa kali digelar di kandang sendiri, hanya ada satu hasil yang akan memuaskan para penggemar Jerman, yakni juara. Sebab, terlalu banyak kekecewaan yang dirasakan fans Die Mannschaft belakangan ini.

Serangkaian hasil buruk menjelang Euro 2024, termasuk kekalahan kandang 1-4 dari Jepang pada September, diikuti pergantian pelatih sebulan kemudian. Setelah itu, hasil buruk tak juga berubah sampai pelatih baru Julian Nagelsmann bisa menunjukkan tanda-tanda stabilitas.

“Ambisi yang normal. Kami ingin memenangkannya,” kata Nagelsmann tentang target tim.

"Hal serupa terjadi di semua turnamen lainnya. Mungkin bukan hal yang baik bagi kami untuk membuat klaim besar bahwa kami akan menjadi juara Eropa. Kami akan menghadapi tugas ini. Ini adalah tugas yang sangat besar, akan menantang, dan ini tentu saja bukan peluang yang sering muncul."

Nagelsmann mengandalkan kombinasi pemain muda yang sangat berbakat, termasuk Jamal Musiala dan juara Bundesliga bersama Bayer Leverkusen Florian Wirtz ditambah pemain veteran berpengalaman seperti pemenang Piala Dunia 2014 Manuel Neuer, Thomas Mueller, dan Toni Kroos.

Pertanyaan besarnya tetap pada kemampuan mencetak gol Jerman. Kai Havertz bukan pemain nomor sembilan asli, tapi menjadi striker pilihan pertama mereka. Penyerang kekar Niclas Fuellkrug akan berada di bangku cadangan.

Jerman...

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement