Selasa 11 Jun 2024 05:30 WIB

De Jong Akhirnya Dipastikan Absen Bela Belanda di Euro 2024

Frenkie De Jong bermasalah dengan pergelangan kakinya.

Gelandang timnas Belanda Frenkie de Jong
Foto: AP/Peter Dejong
Gelandang timnas Belanda Frenkie de Jong

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM -- Frenkie de Jong dipastikan gagal membela Belanda pada Euro 2024. Cedera menahannya berpastisipasi pada pesta sepak bola Benua Biru tersebut.

Kabar ini diumumkan setelah Belanda memetik kemenangan telak 4-0 atas Islandia pada pertandingan pemanasan terakhir mereka pada Selasa (11/6/2024) dini hari WIB.

Baca Juga

De Jong telah berjuang untuk bisa fit tepat waktu setelah mengalami beberapa kali cedera pergelangan kaki musim ini saat memperkuat Barcelona. Dia mencoba berlatih untuk pertama kalinya dengan rekan-rekan setimnya pada hari Minggu, setelah satu pekan berlatih secara individu. Namun setelah pemeriksaan pada Senin, para dokter mengatakan bahwa dia tidak akan siap tepat waktu.

Hal tersebut mengurangi semangat Belanda meskipun mereka berhasil meraih hasil yang impresif di Feyenoord. Diagnosa De Jong diumumkan segera setelah pertandingan, tapi pelatih Belanda Ronald Koeman mengatakan bahwa ia telah mengetahuinya sekitar empat jam sebelum pertandingan dimulai dan telah memberitahu para pemain.

 

"Tes menunjukkan bahwa ia belum bisa melakukan apa yang seharusnya bisa ia lakukan. Dia mendapat reaksi dari pergelangan kakinya setiap kali setelah latihan,” kata Koeman kepada televisi Belanda.

"Maka Anda harus menyimpulkan bahwa dia tidak akan 100 persen fit untuk tiga pekan ke depan. Saya sudah berpikir bahwa bermain melawan Polandia (di laga pembuka Grup D) akan sulit."

De Jong mengunggah reaksi di media sosial. “Saya sedih dan kecewa karena saya tidak akan tampil di Piala Eropa,” kata pemain berusia 26 tahun itu.

"Kami telah melakukan semua yang kami bisa dalam beberapa pekan terakhir, tetapi sayangnya pergelangan kaki saya membutuhkan lebih banyak waktu.

"Merupakan sebuah mimpi dan kehormatan terbesar untuk mewakili negara Anda di turnamen final, mengenakan seragam oranye, menyanyikan lagu kebangsaan dan merasakan dukungan dari seluruh negeri. Tapi sekarang saya, seperti seluruh legiun Oranye, akan mendukung tim kami dari pinggir lapangan. Ayo semangat, kawan-kawan."

Sebelumnya, Belanda memastikan diri untuk tampil dengan baik di laga pemanasan terakhir mereka saat Xavi Simons akhirnya mencetak gol untuk negaranya, dalam laga internasional ke-14, untuk membawa Belanda unggul 1-0 saat turun minum.

Virgil van Dijk mencetak gol untuk kedua kalinya secara beruntun sebelum Donyell Malen menambahkan gol ketiga.

Wout Weghorst mencetak gol keempat di menit-menit akhir pertandingan saat Belanda bersiap untuk menghadapi Polandia pada akhir pekan di Hamburg, diikuti oleh Prancis dan Austria pada babak penyisihan grup di Euro 2024.

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement