Kamis 13 Jun 2024 16:33 WIB

Siap Mengguncang, Ini Peserta dan Jadwal Lengkap Laga Grup A Sampai C Euro 2024

Jerman akan bermain pada laga pembuka melawan Skotlandia di Allianz Arena.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Prancis Adrien Rabiot berebut bola dengan pemain Jerman Florian Wirtz.
Foto: AP Photo/Laurent Cipriani
Pemain Prancis Adrien Rabiot berebut bola dengan pemain Jerman Florian Wirtz.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Euro 2024 akan dimulai di Jerman pada Jumat, 14 Juni pukul 19.00 GMT atau Sabtu (15/6/2024) pukul 02.00 WIB. Tuan rumah Jerman akan bermain pada laga pembuka melawan Skotlandia di Allianz Arena, Munchen. Sedangkan laga final akan dimainkan pada 15 Juli WIB di Berlin.

Aakan ada 51 pertandingan akan dimainkan di 10 stadion, menandai diselenggarakannya turnamen sepak bola internasional di Jerman untuk kali pertama setelah Piala Dunia 2006. Sebelumnya, hanya Kota Munchen yang menggelar pertandingan Euro 2000 yang berlangsung di sejumlah kota di Eropa.

Baca Juga

Italia berstatus juara bertahan setelah mengalahkan Inggris di final Euro 2020 di London, ketika turnamen tersebut ditunda ke 2021 karena pandemi Covid-19.

Menyambut turnamen Euro 2024, simak penjelasan singkat Grup A, B, dan C beserta jadwal lengkap pertandingan masing-masing grup berikut

Grup A

Jerman

Juara Eropa tiga kali dan tuan rumah Euro 2024, Jerman adalah salah satu favorit di bawah kendali pelatih Julian Nagelsmann, yang ditunjuk menangani Die Mannschaft pada September 2023.

Die Mannschaft akan mengandalkan pemain dari juara Bundesliga Bayer Leverkusen berusia 21 tahun Florian Wirtz bersama gelandang Bayern Munchen Jamal Musiala dan gelandang sekaligus kapten Barcelona Ilkay Gundogan. Ada juga gelandang veteran pemenang Liga Champions Toni Kroos.

Hungaria 

Hungaria mengamankan tempat di Euro 2024 tanpa kalah satu kali pun di kualifikasi, memuncaki grup mereka dengan satu pertandingan tersisa setelah hasil imbang dramatis melawan Bulgaria.

Kapten Dominik Szoboszlai dan striker Barnabas Varga, pencetak gol terbanyak tim selama kualifikasi, akan menjadi kunci jika Hungaria ingin mencapai babak 16 besar. Pada Euro  2020 mereka gagal mencapainya.

Skotlandia 

Skotlandia menempati posisi kedua di grup kualifikasi untuk mencapai Kejuaraan Eropa kedua berturut-turut.

Gelandang Manchester United Scott McTominay, yang mencetak tujuh gol dalam delapan pertandingan kualifikasi, akan menjadi pemain kunci saat Skotlandia berupaya melaju ke babak gugur untuk pertama kalinya.

Swiss

Jalan menuju Euro 2024 sulit bagi Swiss yang menempati posisi kedua grup mereka. Swiss mencatatkan lima hasil imbang, empat kemenangan dan satu kekalahan, sehingga memicu perdebatan tentang masa depan pelatih Murat Yakin.

Swiss akan mengandalkan veteran berpengalaman seperti kiper Inter Milan Yann Sommer dan kapten Granit Xhaka dari Bayer Leverkusen untuk mencapai babak gugur.

Jadwal

Jerman v Skotlandia 15 Juni pukul 02.00 WIB di Munchen

Hungaria v Swiss 15 Juni pukul 20.00 WIB di Cologne

Jerman v Hungaria 19 Juni pukul 23.00 WIB di Stuttgart

Skotlandia v Swiss 19 Juni pukul 02.00 WIB di Cologne

Jerman v Swiss 23 Juni pukul 02.00 WIB di Frankfurt

Skotlandia v Hongaria 23 Juni pukul 02.00 WIB di Stuttgart

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement