Kamis 13 Jun 2024 09:47 WIB

Tijjani Reijnders, 'Wakil' Indonesia di Euro 2024 yang Bangga Berdarah Maluku

Tijjani Reijnders adalah pemain Belanda keturunan Maluku.

  Tijjani Reijnders merayakan golnya untuk timnas Belanda dalam laga persahabatan melawan Skotlandia pada 24 Maret l2024 lalu.
Foto: EPA-EFE/MAURICE VAN STEEN
Tijjani Reijnders merayakan golnya untuk timnas Belanda dalam laga persahabatan melawan Skotlandia pada 24 Maret l2024 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Euro 2024 akan mulai bergulir akhir pekan ini. Laga pembuka akan memanggungkan tuan rumah Jerman melawan Skotlandia di Allianz Arena, Munchen, Sabtu (13/6/2024) dini hari WIB.

Meski berlangsung di Benua Biru, Piala Eropa 2024 merupakan salah satu tontonan sepak bola yang diikuti penggemar si kulit bundar dari seluruh dunia, hampir mendekati Piala Dunia. Termasuk juga Indonesia yang sangat menggandrungi olahraga terpopuler sejagat ini.

Baca Juga

Meski berbeda belahan dunia, Indonesia ternyata punya "wakil" di Euro 2024. Dia adalah Tijjani Reijnders, gelandang AC Milan yang memperkuat timnas Belanda. Tim Oranje tergabung di Grup D bersama Polandia, Austria, dan Prancis.

Tijjani adalah pemain Belanda keturunan Maluku. Ia mendapatkan darah Indonesia dari ibunya Angelina Lekatompessy. Tijjani meneruskan tradisi timnas Belanda yang diisi pemain-pemain keturunan Indonesia.

 

"Ibu kami setengah Maluku, setengah Belanda. Ayah kami orang Belanda," kata Tijjani bersama adiknya Eliano dalam wawancara dengan majalah Moesson pada 2021 silam.

Tijjani Martinus Jan Reijnders Lekatompessy nama lengkpanya, lahir di Zwolle, Belanda pada 29 Juli 1998. Ayahnya Martin Reijnders memberikan nama Tijjani karena mengidolakan eks pemain timnas Nigeri Tijjani Babangida. Ketika Tijjani lahir, Babangida tengah memperkuat klub Ajax Amsterdam.

Tijjani sebenarnya sempat didekati oleh pelatih Shin Tae-yong pada Februari 2022 lalu. Namun ia menolak tawaran Indonesia. Setahun kemudian, ia menerima panggilan resmi pertamanya ke tim nasional Belanda untuk putaran final UEFA Nations League 2023.

Pada 7 September 2023, Tijjani mencetak debutnya untuk Belanda sebagai pemain pengganti dalam kemenangan 3-0 atas Yunani dalam kualifikasi UEFA Euro 2024. Pada 13 Oktober, ia tampil sebagai starter saat Belanda dikalahkan 2-1 oleh Prancis di kompetisi yang sama.

Tijjani...

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Oranje Indonesia (@oranje_indonesia)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement