Selasa 16 Jul 2024 15:20 WIB

Rodri: Pesepak Bola Spanyol Layak Dapat Ballon d'Or Setelah Juara Euro 2024

Pemain Spanyol terakhir kali meraih penghargaan Ballon d'Or pada 1960.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Gelandang Spanyol peraih gelar Pemain Terbaik Euro 2024 Rodri
Foto: AP Photo/Hassan Ammar
Gelandang Spanyol peraih gelar Pemain Terbaik Euro 2024 Rodri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu pemain timnas Spanyol pantas memenangkan Ballon d'Or setelah tim Matador menjuarai Euro 2024. Hal tersebut diungkapkan Rodri, pemain terbaik Euro 2024, setelah kemenangan 2-1 atas Inggris pada final di Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

Meski penghargaan bergengsi ini didominasi oleh pemain-pemain dari Liga Spanyol. Namun belum ada pemain Spanyol yang menyabet penghargaan pemain terbaik dunia sejak legenda Barcelona Luis Suarez pada tahun 1960, meski Spanyol merupakan generasi emas yang menjuarai Piala Dunia 2010, Euro 2008, dan Euro 2012.

Baca Juga

Saat Inggris memiliki sebagian besar kekuatan bintang dengan pemain seperti Jude Bellingham dan pencetak gol terbanyak sepanjang masa mereka Harry Kane di dalam skuat, Spanyol-lah yang tampil cemerlang di Berlin. Pemain muda mereka Lamine Yamal, 17, mengkreasi gol pembuka oleh Nico Williams dua menit memasuki babak kedua.

Pemain pengganti Cole Palmer membantu Inggris menyamakan kedudukan pada menit ke-73, tapi gol pemain pengganti Mikel Oyarzabal pada menit ke-86 mengamankan rekor gelar keempat Spanyol di Piala Eropa.

Spanyol tidak hanya memainkan Kejuaraan Eropa yang sempurna dengan memenangkan seluruh tujuh pertandingan di Jerman, tetapi mereka juga mencetak 15 gol, terbanyak oleh tim mana pun di Euro 2024.

“Sepak bola Spanyol layak mendapatkan pemenang Ballon d’Or,” kata pemain Manchester City itu usai final dikutip Reuters. “Jujur saja, saya ingin pemain Spanyol memenangkannya, saya tidak peduli siapa. Itu akan luar biasa.”

Ditanya tentang peluangnya memenangkan penghargaan tersebut, Rodri mengatakan, "Saya pernah mendengar bahwa (pemenang Liga Champions Real Madrid) Dani Carvajal juga layak mendapatkannya. Dari sudut pandang individu, saya sangat bangga dengan apa yang saya lakukan dan pengakuan yang saya terima. saya mengerti. Tapi orang lain yang harus membuat penilaian itu," tegasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement