Rabu 29 May 2024 18:26 WIB

Ternyata Guardiola yang Dorong Muenchen untuk Tunjuk Kompany Sebagai Pelatih

Raksasa Jerman itu memilih Kompany setelah beberapa nama terkenal dikaitkan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Vincent Kompany (kanan) dan pelatih Pep Guardiola saat masih di City.
Foto: EPA/Nigel Roddis
Vincent Kompany (kanan) dan pelatih Pep Guardiola saat masih di City.

REPUBLIKA.CO.ID, MUNCHEN -- Karl-Heinz Rummenigge mengungkapkan Pep Guardiola mendorong Bayern Muenchen untuk menunjuk Vincent Kompany sebagai manajer Bayern Muenchen. Mantan kapten Manchester City itu akan pindah dari Burnley ke Bavaria dan menggantikan Thomas Tuchel sebagai bos baru Bayern.

Raksasa Jerman itu memilih Kompany setelah beberapa nama terkenal dikaitkan dengan peran tersebut, termasuk Xabi Alonso, Ralf Rangnick, Erik ten Hag dan Julian Nagelsmann, sementara Tuchel nyaris bertahan di posisi tersebut beberapa bulan setelah dipastikan dia akan hengkang.

Baca Juga

Penunjukan Kompany merupakan suatu kejutan mengingat kurangnya pengalamannya sebagai manajer di klub top Eropa, terutama mengingat Burnley terdegradasi di bawah arahannya musim ini. Namun tampaknya pendapat Guardiola, mantan manajer Bayern, sangat berpengaruh dalam mendapatkan peran tersebut.

"Direktur olahraga kami telah memilih Kompany, itu belum resmi tetapi hanya ada detail terakhir yang harus diselesaikan," kata Rummenigge, mantan CEO Bayern, kepada Sky Sports, Rabu (29/5/2024). "Saya yakin Kompany akan tiba pada akhirnya," ujarnya menambahkan. 

 

Ia mengungkapkan dalam pengambilan keputusan tersebut ada peran Guardiola di dalamnya. "Guardiola berbicara kepada kami dengan cara yang sangat positif tentang Vincent. Dia menempatkannya di City sebagai kapten dan Pep juga mengikutinya ketika dia berada di Burnley, jadi dia memberi kami bantuan yang bagus," ujarnya. 

Manajer City pekan lalu mengklaim tidak masalah bahwa Kompany memimpin saat Burnley terdegradasi, dan berharap mantan bek tengahnya itu sukses di Allianz. "Saya senang ada kaitan yang terjadi antara Bayern dan Vinny," kata Guardiola menjelang pertandingan Final Piala FA. "Saya punya pendapat besar tentang Vinny, tidak peduli degradasi bersama Burnley," ujarnya. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement