Rabu 29 May 2024 17:37 WIB

Greysia Polii Berharap Bukunya Jadi Tambahan Spirit Bagi Atlet Jelang Berlaga di Olimpiade

Greysia Polii meluncurkan buku "Menembus Garis Batas".

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Greysia Polii (kedua kanan) dalam peluncuran buku
Foto: REPUBLIKA/Fitriyanto
Greysia Polii (kedua kanan) dalam peluncuran buku

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Peraih medali emas Olimpiade 2020 Tokyo Greysia Polii meluncurkan buku perjalanan kariernya sampai menjadi yang terbaik pada event olahraga terbesar di dunia tersebut. Peluncuran buku yang berjudul "Menembus Garis Batas" berlangsung pada Rabu (29/5/2024) di Jakarta.

Peluncuran buku yang dilakukan menjelang Olimpiade 2024 Paris diharapkan Greysia menambah spirit kepada para atlet yang akan tampil membela Indonesia di multievent olahraga dunia itu. "Buku ini tidak sekadar cerita sukses saya meraih emas Olimpiade, tetapi juga proses menuju pencapaian tertinggi bagi atlet tersebut. Saya ingin generasi muda tahu bagaimana saya yang bukan atlet terbaik mampu menembus garis batas hingga akhirnya mendapat medali emas Olimpiade," ujar Greysia yang meraih emas Olimpiade bersama Apriyani Rahayu di sektor ganda putri dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Waktu peluncuran buku menjelang Olimpiade 2024 Paris, kata dia, juga diharapkan menjadi momentum untuk memberikan pengaruh positif kepada para atlet. Ia juga berharap bukunya bisa menjadi tambahan semangat para atlet untuk mencapai prestasi terbaik di Olimpiade yang merupakan kasta tertinggi multievent olahraga dunia.

Perjalanan hidup Greysia dengan segala lika likunya tertuang dalam buku bertajuk "Menembus Garis Batas", yang ditulis oleh dua jurnalis senior, Budi Suwarna dan Eko Prabowo. 

 

"Sebetulnya tidak pernah terpikir oleh saya bahwa kisah perjalanan hidup saya bakal dibukukan. Namun ternyata cerita-cerita saya mendapat tanggapan luar biasa dan menyentuh banyak hati yang mendengarnya. Itulah mengapa saya memutuskan untuk menuangkan setiap detail perjalanan saya ke dalam sebuah buku, dengan harapan memberikan inspirasi dan motivasi bagi banyak orang di luar sana," kata Greysia.

Buku "Menembus Garis Batas" tak hanya dijual untuk umum, melainkan juga akan disumbangkan hingga ke pelosok Tanah Air. Ini dilakukan lewat program amal yang digagas Greysia dengan dukungan para donatur dari BUMN, swasta, serta perorangan. Sebagian dari keuntungan penjualan buku juga akan disumbangkan. 

Luasnya target wilayah penyebarluasan buku membuat Greysia menggandeng Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Pustaka Bergerak sebagai mitra dalam pendistribusian.

"Kerjansama dengan IGI dan Pustaka Bergerak adalah salah satu bentuk komitmen kami untuk memastikan agar distribusi buku "Menembus Garis Batas" bisa tepat sasaran. Selain memiliki jaringan distribusi yang kuat, IGI dan Pustaka Bergerak memiliki tujuan yang sejalan dengan kami yaitu memberikan akses literasi bermanfaat bagi para generasi muda Indonesia," kata Felix Djimin, Project Lead "Menembus Garis Batas".

Raja Sapta Oktohari selaku Ketua Umum National Olympic Committee (NOC) Indonesia, menyambut baik diluncurkannya buku ini. Okto yang menjadi saksi hidup jatuh bangun Greysia di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dan Olimpiade Tokyo 2020, paham betul bagaimana Greysia melewati berbagai rintangan dalam perjalanan kariernya hingga akhirnya bisa memetik hasil gemilang.

"Kisah hidup Greysia menggambarkan kepada kita semua tentang arti dari semangat juang. Sebuah proses panjang ini tak akan sanggup dilalui Greysia tanpa ketekunan. Yang tak kalah penting adalah dukungan dari support system, karena dari sinilah semua berawal, karakter Greysia yang gigih sebagai seorang atlet, terbentuk dari didikan keluarga," ujar Okto. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement