Selasa 21 May 2024 17:20 WIB

Bertambahnya Partai Politik yang Siap Usung Anies di Pilgub Jakarta 2024

Anies mempertimbangkan tawaran sejumlah parpol untuk maju lagi di Pilgub Jakarta.

Anies Baswedan menyatakan sedang menimbang tawaran parpol untuk ikut Pilgub Jakarta 2024.
Foto: AP Photo/Dita Alangkara
Anies Baswedan menyatakan sedang menimbang tawaran parpol untuk ikut Pilgub Jakarta 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Eva Rianti, Bayu Adji P

Satu per satu partai politik (parpol) menyatakan siap atau setidaknya mempertimbangkan mengusung Anies Baswedan menjadi bakal calon gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menjadi yang pertama menyatakan dukungan.

Baca Juga

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Jakarta Wibi Andrino, Anies Baswedan menjadi top priority yang bakal diusung Partai Nasdem dalam Pilgub Jakarta 2024. Setelah itu baru kader Nasdem seperti Ahmad Sahroni. Wibi menilai, Anies memiliki kapabilitas untuk kembali memimpin Jakarta. 

"Untuk Nasdem ya sebenarnya publik Indonesia sudah tahu lah prioritas ke siapa, kita pasti menginginkan our former governor Bapak Anies Rasyid Baswedan untuk kembali ke Jakarta. Ini sebenarnya bukan inginnya Nasdem, tapi inginnya majority masyarakat Jakarta. Kinerja beliau selama lima tahun terakhir ini sangat amat dirasakan," kata Wibi, pada Jumat (3/5/2024) lalu.

 

Menurut Wibi, akan sangat disayangkan jika Anies tidak kembali ke Jakarta untuk melakukan pembangunan yang strategis ke depan. Mengingat saat menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 2017-2022, Anies dianggap berhasil melakukan pembangunan dan kemajuan di Jakarta. 

Lantas, Wibi mengungkapkan, di samping memprioritaskan Anies, Partai Nasdem juga memiliki kader internal yang juga kompeten dan berpotensi menjadi pemimpin di Jakarta.  

"Secara internal juga kita punya nama-nama yang lain, ada bang Ahmad Sahroni, 'gubernur' Tanjung Priok mungkin bisa by step menjadi Gubernur Jakarta," tuturnya. 

Nasdem pun membuka peluang untuk memajukan duet Anies Baswedan-Ahmad Sahroni dalam Pilgub Jakarta 2024. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Jakarta Wibi Andrino. "Itu (duet Anies-Sahroni) memang masih dalam kajian mendalam dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat) partai," kata Wibi.

 

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement