Ahad 07 Apr 2024 11:25 WIB

H-3 Lebaran, Jalur Arteri di Bandung Ramai Lancar Dilintasi Pemudik Sepeda Motor

Puncak arus mudik kendaraan di Jabar diprediksi mulai H-4 hingga H-2 Lebaran.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Agus raharjo
H-3 Lebaran 1445 Hijriah, arus mudik di jalan arteri Bandung ramai lancar dilintasi pemudik, Ahad (7/4/2024).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
H-3 Lebaran 1445 Hijriah, arus mudik di jalan arteri Bandung ramai lancar dilintasi pemudik, Ahad (7/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Jalur arteri di Bandung Raya seperti di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung dan Jalan Cinunuk-Cileunyi, Kabupaten Bandung terpantau ramai lancar dilintasi pemudik sepeda motor, Ahad (7/4/2024) pagi. Tidak terjadi kepadatan signifikan di jalur-jalur arteri tersebut.

Pantauan, sepanjang Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung pemudik sepeda motor lancar melintas di jalur tersebut termasuk di Jalan Cinunuk dan Cileunyi Bandung. Para pemudik sepeda motor terlihat datang dari Jakarta dan sekitarnya hendak menuju ke wilayah Timur Jawa Barat.

Baca Juga

Mereka menggunakan sepeda motor berpelat nomor B (Jakarta), Z (Tasikmalaya-Garut), E (Cirebon), D (Bandung Raya). Selain itu, terlihat para pemudik membawa sejumlah barang bawaan serta menggunakan jaket tebal dan membawa anak-anak.

Sejumlah posko pengamanan di Panyileukan, Kota Bandung dan Cileunyi Kota Bandung didirikan oleh petugas kepolisian. Mereka melakukan pengaturan lalu lintas memastikan arus kendaraan berjalan lancar.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat mengungkapkan puncak arus mudik kendaraan yang melintas di Jawa Barat bakal berlangsung sejak H-4, H-3 dan H-2 Lebaran 1445 Hijriah. Tanggal tersebut mengacu kepada prediksi libur Lebaran 1445 Hijriah yang mulai sejak 8 April.

"Puncak mudik ini terjadi mulai H-4, H-3 dan H-2, kalau dihitung H-4 jatuh di hari Sabtu. Puncak mudik terjadi tanggal 6 Sabtu, tanggal 7 Ahad dan tanggal 8 Senin," ucap Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Pol Wibowo.

Namun begitu, ia mengatakan diperkirakan sejak Jumat tanggal 5 April sebagian pemudik sudah berangkat menuju kampung halaman. Sedangkan arus baik diprediksi terjadi Sabtu tanggal 13 April, Ahad tanggal 14 April dan Senin tanggal 15 April.

Wibowo melanjutkan arus balik kedua diperkirakan bakal berlangsung kembali pada tanggal 20 sampai 21 April. Arus balik kedua dapat terjadi disebabkan jadwal masuk sekolah yang diperkirakan berbeda-beda.

Apabila masih terdapat pemudik yang melintas di luar jadwal operasi ketupat, ia mengatakan petugas melakukan kegiatan rutin ditingkatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement