Kamis 21 Mar 2024 13:28 WIB

Soal Kabar Pencalonan Ketum Golkar, Jokowi: Saya Sementara Ini Ketua Indonesia

Airlangga menyebut Partai Golkar dan Jokowi sudah rapat atau dekat.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus raharjo
Presiden Jokowi dan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto saat sarapan bareng di kawasan Kebun Raya Bogor, Sabtu (6/1/2024).
Foto: dok partai golkar
Presiden Jokowi dan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto saat sarapan bareng di kawasan Kebun Raya Bogor, Sabtu (6/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab isu soal dirinya yang disebut-sebut masuk dalam bursa pencalonan ketua umum Partai Golkar. Sambil tertawa, Jokowi mengatakan saat ini dirinya menjabat sebagai Ketua Indonesia.

"Saya sementara ini ketua Indonesia saja," kata Jokowi berseloroh, saat memberikan keterangan pers di Pontianak, Kamis (21/3/2024).

Baca Juga

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana menegaskan hingga saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih fokus bekerja dan memimpin jalannya pemerintahan hingga berakhirnya masa jabatan pada Oktober 2024 mendatang. Hal ini disampaikan Ari menanggapi isu bahwa Jokowi akan menjadi ketua umum Golkar.

"Saat ini Presiden Jokowi fokus bekerja untuk memimpin jalannya pemerintahan sampai berakhirnya masa jabatan pada 20 Oktober 2024," kata Ari kepada wartawan, Selasa (19/3/2024).

Ari mengatakan, isu Jokowi menjadi ketum partai politik sudah bergulir sejak lama. Namun hingga saat ini, Jokowi belum menjadi ketua umum partai politik mana pun.

"Terkait isu bahwa Presiden Jokowi akan masuk dan menjadi ketua umum parpol tertentu, sudah lama didesas-desuskan dan terus digulirkan. Faktanya, sampai saat ini,  Presiden Jokowi tidak menjadi ketua umum satu parpol-pun," ujarnya.

Ari pun menyebut, isu-isu soal pemilihan ketua umum Golkar merupakan urusan internal partai. "Apa yang berkembang sebagai wacana dan dinamika di partai Golkar merupakan urusan internal partai Golkar," kata Ari.

Seperti diketahui, nama Presiden Jokowi diisukan masuk dalam bursa pencalonan ketua umum Partai Golkar. Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Golkar memang sudah rapat. Hal itu disampaikan Airlangga ketika ditanya wartawan soal isu Jokowi bakal merapat ke Golkar.

"Pak Jokowi dan Partai Golkar memang sudah rapat," ucap Airlangga disambut tawa petinggi Partai Golkar lainnya saat konferensi pers usai rapat pleno bersama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan kader Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Minggu.

Airlangga mengatakan kedekatan itu tampak pada iklan-iklan Partai Golkar bersama Jokowi. Hal itu, kata dia, menunjukkan kedekatan sekaligus kenyamanan Jokowi dengan Golkar.

"Karena sudah rapat, sudah beriringan, lihat saja iklan-iklan Partai Golkar bersama Pak Jokowi, sehingga tentu itu menunjukkan bahwa kedekatan Pak Jokowi dan kenyamanan Pak Jokowi dengan Partai Golkar," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement