Rabu 06 Mar 2024 08:18 WIB

LVRI Jelaskan Alasan Beri Pembekalan Karbol dan Antap AAU

LVRI mengajak seluruh taruna AAU sebagai sosialisator jiwa semangat nilai '45

Ketua Umum DPP LVRI Letjen (Purn) HBL Martiri bersama Gubernur AAU Marsda Purwoko Aji Prabowo.
Foto: Republika.co.id/Erik PP
Ketua Umum DPP LVRI Letjen (Purn) HBL Martiri bersama Gubernur AAU Marsda Purwoko Aji Prabowo.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) memberikan pembekalan kepada ratusan karbol atau taruna dan anggota tetap (antap) Akademi Angkatan Udara (AAU) di Gedung Sabang Merauke, Ksatrian AAU, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (5/3/2024).

Ketua Umum DPP LVRI Letjen (Purn) HBL Martiri menyampaikan, kedatangannya dan jajaran pengurus LVRI di AAU merupakan undangan langsung dari Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo. Dia pun berterima kasih sudah diterima oleh Gubernur AAU Marsda Purwoko Aji Prabowo.

Baca: Jenderal Andika Perkasa Kini Besanan dengan Mantan KSAU

"Kunjungan pada hari ini sangat bermakna karena AAU sebagai salah satu institusi pendidikan strategis yang unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan bertaraf internasional yang kelak taruna AAU akan menjadi pemimpin di negara ini, melanjutkan perjuangan para veteran," ucap Martiri saat berpidato di depan hadirin.

Dia menjelaskan, alasan LVRI memilih AAU karena merupakan salah satu institusi pendidikan strategis yang bakal mencetak calon pemimpin bangsa. Martiri menilai, para taruna AAU kelak akan melanjutkan perjuangan para veteran dengan cara berbeda.

"Tidak dengan mengangkat senjata, tetapi dengan pemikiran-pemikiran cemerlangnya untuk kejayaan dan kemakmuran Indonesia. Saya pun mengucapkan terima kasih sudah diterima gubernur AAU dan jajaran yang menerima kami dengan baik," kata eks kepala staf umum ABRI tersebut.

Baca: Panglima TNI dan KSAD Jadi Warga Kehormatan Kapal Selam TNI AL

Ketua Watimpus LVRI Komjen (Purn) Ito Sumardi menambahkan, tujuan LVRI datang ke AAU adalah untuk mengajak seluruh taruna sebagai sosialisator jiwa semangat nilai '45 (JSN'45). Dia pun mengajak para personel yang bertugas di AAU maupun taruna untuk bisa mewarisi dan melestarikan JSN'45 agar Indonesia tetap tegak berdiri sampai kapan pun.

"Pentingnya sosialisasi JSN '45 agar masyarakat dan generasi penerus bangsa menyadari pentingnya mewarisi JSN '45, yaitu semangat pantang menyerah, rela berkorban, cinta Tanah Air, hingga memiliki tekad NKRI harga mati," kata mantan kepala Bareskrim Polri tersebut.

Gubernur AAU Marsda Purwoko Aji Prabowo menyambut langsung kedatangan HBL Martiri beserta rombongan LVRI. Dalam sambutannya, Purwoko menyampaikan, para veteran adalah pribadi yang patut diteladani. "Karena dari beliau, cucuran keringat, darah dan air mata menjadi harga mati yang harus dipertaruhkan dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia," ucap Purwoko.

Dia mengaku, AAU siap menjadi sosialisator untuk ikut peduli dan penuh kesadaran mengamalkan JSN'45. Di tengah perkembangan global yang mengubah nilai-nilai masyarakat, menurut Purwoko, sangat tepat jika nilai perjuangan para pahlawan terus disoalisasikan kepada generasi penerus bangsa. "Inti dari semua itu adlah untuk meningkatkan jiwa persatuan dan kesatuan," ujar Purwoko.

Baca: Kaskostrad Mayjen Farid Maruf Ziarah ke Makam Jenderal Besar Soeharto

Hadir pada kegiatan tersebut, yaitu Waketum I DPP LVRI Letjen (Purn) Muzani Syukur, Waketum II DPP LVRI Marsdya (Purn) Wresniwiro, Sekjen DPP LVRI Laksdya (Purn) Djoko Sumaryono, Ketua Umum PP PIVERI Ibu Lina Indiarti Wresniwiro beserta jajaran, serta Wakil Gubernur AAU Marsma Hendro Arief H.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement