Senin 19 Feb 2024 23:19 WIB

Tim SAR Evakuasi Jenazah Remaja Tenggelam di Sungai Tabo Pangkep

Pencarian Faiz dilakukan dengan membagi 3 tim SAR Gabungan

Korban tenggelam (ilustrasi).
Foto: Antara
Korban tenggelam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Tim SAR berhasil menemukan dan mengevakuasi jenazah seorang remaja pria bernama Faiz usai 13 tahun yang sebelumnya tenggelam hingga dinyatakan hilang saat memancing ikan bersama rekannya pada Ahad (18/2/2024) di Sungai Tabo-Tabo, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

"Korban sudah ditemukan di kedalaman antara tiga sampai empat meter di sekitar lokasi tenggelamnya. Jenazah korban lalu dibawa ke rumah duka untuk dilanjutkan proses pemakaman, ," kata Kepala Kantor Basarnas Makassar Mexianus Bekabel, Senin (19/2/2024).

Pencarian Faiz dilakukan dengan membagi 3 tim SAR Gabungan dikomadoi oleh Basarnas Makassar. Tim pertama bertugas menyisir sungai dengan berjalan kaki sejauh tiga kilometer, tim kedua melakukan penyelaman di lokasi kejadian, dan tim ke tiga menggunakan dua perahu karet dan dua perahu rafting.

Ketiga tim gabungan tersebut yang dibentuk untuk pencarian dengan bekerja maksimal, profesionalisme dan kerja sama yang baik antara Basarnas Makassar dan seluruh unsur SAR yang terlibat sehingga menunjang keberhasilan operasi.

 

"Dengan ditemukannya korban yang kita cari, maka Operasi SAR dinyatakan ditutup, kami ucapkan banyak terima kasih untuk seluruh instansi dan organisasi berpotensi SAR yang terlibat," papar Mexianus menambahkan.

Sebelumnya, dari keterangan rekannya, korban saat itu berada di sungai setempat. Namun pada pukul 13.30 wita Minggu (18/2), saat korban berenang menyeberangi sungai untuk melihat pancingannya, korban tiba tiba kelelahan lalu tenggelam.

Setelah menerima informasi adanya kejadian remaja tenggelam kemudian dinyatakan hilang, Basarnas segera menerjunkan tim rescue untuk melakukan pencarian. Pencarian sempat dihentikan sementara karena menjelang malam dan kondisi medan sudah gelap.

Di hari kedua pencarian, korban akhirnya ditemukan oleh penyelam pada kedalaman antara tiga sampai empat meter di lokasi tempat tenggelamnya korban Faiz.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement