Senin 22 Jan 2024 16:02 WIB

Jokowi Resmikan Jalan Daerah Muntilan-Keningar Akses Evakuasi Merapi

Anggaran inpres jalan daerah se-Indonesia tahun 2023 sebesar Rp 14,6 triliun.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Jokowi meresmikan Inpres Jalan Daerah Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Senin (22/1/2024).
Foto: @jokowi
Presiden Jokowi meresmikan Inpres Jalan Daerah Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Senin (22/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Inpres Jalan Daerah Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Senin (22/1/2024). Menurut Jokowi, jalan tersebut merupakan akses evakuasi ketika Gunung Merapi meletus.

"Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur ini adalah akses evakuasi untuk Merapi sehingga perlu saya lihat, saya tinjau dan sudah selesai," ujar Jokowi dalam keterangannya usai peresmian.

Dia menjelaskan, anggaran inpres jalan daerah se-Indonesia tahun 2023 sebesar Rp 14,6 triliun. Dari jumlah tersebut, dana yang digelontorkan ke Provinsi Jateng sebesar Rp 1,36 triliun. Nilai anggaran itu untuk memperbaiki dan membangun 40 ruas jalan di Jateng, termasuk jalan ruas Muntilan-Keningar.

"Dan di Kabupaten Magelang dibangun empat ruas jalan sepanjang 18,2 kilometer dengan biaya Rp 31,9 miliar," ucap Jokowi.

MenurutnJokowi  ruas jalan Muntilan-Keningar dibangun bukan dengan aspal, melainkan dengan menggunakan rigid beton. Sehingga, jalan tersebut diharapkan akan lebih kuat dan tahan lama.

"Karena yang lewat di sini adalah truk-truk pasir besar-besar sehingga dibangun dengan rigid beton. Kita harapkan ini lebih awet dan juga ruas-ruas jalan yang ada di Jawa Tengah lebih mulus, lebih baik lagi. Besok saya akan melihat beberapa ruas yang lainnya," ujarnya.

Jokowi di lokasi didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana, dan Bupati Magelang Zaenal Arifin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement