Selasa 19 Dec 2023 14:54 WIB

Mayjen Widi Prasetijono, Eks Ajudan Jokowi Promosi Jabat Dankodiklatad

Mayjen Tandyo Budi Revita akan mengisi posisi Pangdam IV/Diponegoro.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Widi Prasetijono dipromosikan menjabat Dankodiklatad.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Widi Prasetijono dipromosikan menjabat Dankodiklatad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukah mutasi dan promosi kepada 183 perwira tinggi (pati) TNI tiga matranuntuk mengisi beberapa jabatan strategis. Di antara yang diganti adalah panglima daerah militer (pangdam) dan kepala pusat penerangan (kapuspen) TNI.

Kebijakan itu tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1470/XII/2023 yang diteken oleh Agus Subiyanto di Jakarta, Senin (18/12/2023), sebagaimana dibenarkan oleh Pusat Penerangan TNI, Selasa.

Dalam SK itu, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Widi Prasetijono dipromosikan sebagai Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AD (Dankodiklatad). Eks ajudan Presiden Jokowi tersebut akan menyandang pangkat bintang tiga atau letjen di jabatan barunya.

Jenderal Agus menunjuk Mayjen Tandyo Budi Revita sebagai Pangdam IV/Diponegoro. Adapun Tandyo sebelumnya menjabat Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (Kabadiklat) Kementerian Pertahanan.

Sementara itu, Kapuspen Laksda Julius Widjojono dimutasi menjadi staf khusus Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Sebagai penggantinya, Brigjen R Nugraha Gumilar yang sebelumnya menjabat perwira staf ahli Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) akan menduduki jabatan Kapuspen TNI.

Mutasi juga menimpa Wakil Gubernur Lemhannas Laksdya Maman Firmansyah yang dimutasi menjadi Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat) TNI. Posisi Wagub Lemhannas akan diduduki Letjen Eko Margiyono, yang sebelumnya mengisi Dankodiklat TNI. Baik Maman dan Eko hanya bertukar posisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement