Kamis 14 Dec 2023 17:50 WIB

Presiden Jokowi Bagikan BLT El Nino Rp 400 Ribu

Presiden Jokowi sebut bantuan diberikan untuk menjaga daya beli masyarakat.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo mengunjungi PT Pos Indonesia
Foto: Setpres
Presiden Joko Widodo mengunjungi PT Pos Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino di Kantor Pos Malang, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (14/12/2023). Jokowi mengatakan, BLT El Nino dibagikan kepada masyarakat untuk membantu daya beli karena kenaikan harga akibat perubahan iklim.

“Adanya perubahan iklim, ada gelombang panas sehingga produksi padi menurun, karena produksi padi menurun harga menjadi naik, sedikit naik,” ucap Jokowi.

Baca Juga

Ia mengatakan, BLT El Nino tersebut diberikan kepada penerima manfaat senilai Rp 400 ribu untuk dua bulan alokasi bantuan dan diberikan sekaligus pada Desember. “Jadi untuk November sama Desember diambil di bulan Desember, Rp 400 ribu ya?” ucap Jokowi.

Para penerima manfaat yang hadir pada kesempatan tersebut juga merupakan penerima bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP). Jokowi pun menyampaikan bahwa bantuan pangan CBP akan dilanjutkan pemerintah hingga Maret 2024.

“Ini juga penerima beras 10 kilo? Yang September, Oktober, November, Desember sudah diterima? Perlu saya sampaikan nanti akan dilanjutkan Januari, Februari, Maret,” jelasnya.

Ia menyampaikan, bantuan pangan CBP akan diperpanjang lagi oleh pemerintah jika APBN mencukupi. “Kalau nanti APBN kita cukup akan juga diperpanjang lagi,” kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement