Rabu 06 Dec 2023 08:31 WIB

Viral Video Paket Makanan Lansia Ditukar, Ini Klarifikasi Dinsos Kabupaten Semarang

Total ada 102 lansia tunggal yang menerima bantuan Permakanan Lansia dari Kemensos.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Agus raharjo
Petugas menyalurkan kepada seorang lansia. (Ilustrasi)
Foto:

Hingga bulan November kemarin terdapat 73 lansia tunggal di Kecamatan Tengaran yang mendapatkan bantuan tersebut. Kemudian di awal bulan Desember 2023 ditambah sebanyak 29 lansia tunggal penerima manfaat. Sehingga total ada 102 lansia tunggal yang menerima bantuan Permakanan Lansia dari Kemensos.

“Mbah Widodo salah penerima manfaat tambahan yang baru menerima bulan Desember ini,” tuturnya, saat ditemui dalam sebuah kegiatan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, di Ungaran, Selasa (5/12/2023).

Terkait video yang viral tersebut, Istichomah menjelaskan pria dalam rekaman video tersebut merupakan satu-satunya kurir yang digandeng oleh kelompok masyarakat (pokmas) Kecamatan Tengaran. Kurir mendistribusikan kepada para lansia tunggal penerima manfaat dengan ongkos Rp 1.000 per setiap lansia.

Selain lokasi para lansia yang tersebar di sejumlah desa, paket makanan tambahan tersebut sudah harus diterima oleh penerima manfaat tersebut sebelum jam 07.00 WIB pagi, agar tidak basi. Sementara untuk sekali angkut 102 paket makanan (termasuk tambahan 29 lansia baru) tidak dapat dilakukan karena kurirnya hanya satu.

Maka yang tambahan 29 paket oleh pokmas kemasanannya diganti plastik yang lebih ringkas bisa sekali angkut dengan pertimbangan agar cepat diterimakan. “Jadi untuk menyingkat waktu dan menyiasati kapasitas angkut, wadah yang digunakan tidak lagi boks melainkan wadah yang lebih ringkas walaupun sebenarnya isiannya sama dan hanya kemasannya saja yang memang berbeda,” katanya.

Belum disosialisasikan...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement