Rabu 08 May 2024 23:07 WIB

Pelatihan Satuan Pengamanan Dinilai Penting untuk Minimalkan Kejahatan di Tempat Kerja

Polri sebut pelatihan satuan pengamanan untuk minimalisasi kejahatan di tempat kerja.

Pelatihan Gada Utama yang dilaksanakan di Hotel Java Paragon Surabaya, Jawa Timur.
Foto: Istimewa
Pelatihan Gada Utama yang dilaksanakan di Hotel Java Paragon Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Program Gada Utama merupakan suatu program pelatihan eksklusif untuk memberikan pendidikan dan pelatihan di bidang satuan pengamanan. Ini bertujuan agar anggota keamanan terkait memenuhi syarat untuk menjabat sebagai seorang manajer keamanan atau chief security.

Baru-baru ini, PT Shelter Nusantara telah sukses menyelenggarakan kegiatan Gada Utama sebagai program pendidikan dan pelatihan satpam yang diikuti oleh peserta dari berbagai perusahaan di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Java Paragon Surabaya, dengan durasi selama 6 hari yaitu pada 5-10 Mei 2024.

Brigjen Polisi Edy Murbowo selaku Direktorat Pembinaan Potensi Masyarakat (Dirbinpotmas) Korps Pembinaan Masyarakat (Korbinmas) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Kepolisian RI, berpesan kepada seluruh peserta pelatihan untuk semangat mengikuti program Gada Utama hingga selesai. Sebab anggota satuan pengamanan (Satpam) merupakan mitra Polri yang berperan penting dalam menegakkan keamanan dan menciptakan kenyamanan, khususnya di lingkup tempat kerja.

"Itu menjadi modal bagi teman-teman sekalian untuk menjalankan usaha di sub-sektor keamanan. Dan itu menjadi penting jika menjadi mitra Polri, bagaimana menciptakan rasa aman dan nyaman di tempat kerja. Sehingga di tempat kerja tidak ada kejahatan, tidak ada kerugian," kata Edy, dalam rilisnya, Rabu (8/5/2024).

Dalam pelaksanaannya, setiap peserta memperoleh fasilitas lengkap berupa kamar tidur dan ruang belajar, makan dan minum sesuai jadwal, serta obat-obatan ringan. Peserta juga difasilitasi dengan atribut berupa topi dan pakaian olahraga, masker dan face shield, serta buku dan alat tulis.

Sesuai dengan Surat Izin Kapolri Nomor SI/233/I/SIO-POLRI/2023 tentang Badan Usaha Jasa Pengamanan Bidang Pelatihan Keamanan, Shelter Indonesia memberikan sertifikasi resmi dari Mabes Polri kepada seluruh peserta sebagai tanda kelulusan di akhir kegiatan.

Selain itu, peserta yang mengikuti kegiatan sampai akhir juga dinyatakan lulus tes wawancara, mendapatkan pin Gada Utama, serta memperoleh Kartu Tanda Anggota Satpam sebagai bukti kelulusan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement