Rabu 06 Dec 2023 08:31 WIB

Viral Video Paket Makanan Lansia Ditukar, Ini Klarifikasi Dinsos Kabupaten Semarang

Total ada 102 lansia tunggal yang menerima bantuan Permakanan Lansia dari Kemensos.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Agus raharjo
Petugas menyalurkan kepada seorang lansia. (Ilustrasi)
Foto:

Istichomah juga menyampaikan, proses memasak dan pengemasan makanan tambahan oleh kelompok masyarakat (pokmas) hingga penyaluran kepada lansia selalu didokumentasikan dan dilaporkan ke Kemensos. Sehingga, jika tidak sesuai atau tidak memenuhi standar, pihak Kemensos pun yang akan mengecek secara langsung ke Pokmas di Kecamatan di Kecamatan Tengaran yang mengurus bantuan Permakanan Lansia.

Karena memang dari November hingga awal Desember Laporan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) dari penyaluran bantuan tersebut menggunakan boks mika sebagai wadah. Tetapi karena ada tambahan yang kemasannya plastik maka kurir mengambil gambar yang kemasan boks untuk kebutuhan laporan.

Namun, hal ini belum disosialisasikan oleh pokmas kepada penerima manfaat dan masyarakat sehingga menimbulkan asumsi berbeda ketika kemudian ada yang merekam dan mengunggah di media sosial.

Termasuk kepada kementerian Sosial terkait adanya kesulitan untuk sekali angkut tersebut. Sehingga di sini tidak ada kecurangan atau bantuan yang disunat dan bisa dicek langsung kepada pokmas yang bersangkutan.

“Karena program bantuan ini pertanggungjawabannya pokmas langsung kepada Kementerian dan Dinsos Kabupaten Semarang hanya pendamping dan memastikan makanan tambahan lansia sampai kepada penerima manfaat,” kata Istichomah menegaskan.

Pelaku perekaman dan motifnya...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement