Rabu 06 Dec 2023 08:31 WIB

Viral Video Paket Makanan Lansia Ditukar, Ini Klarifikasi Dinsos Kabupaten Semarang

Total ada 102 lansia tunggal yang menerima bantuan Permakanan Lansia dari Kemensos.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Agus raharjo
Petugas menyalurkan kepada seorang lansia. (Ilustrasi)
Foto:

Sementara itu, perekaman dan pengunggah video tersebut merupakan kerabat lansia yang bersangkutan, bernama Rozikin (22 tahun). Rozikin mengakui, video tersebut direkamnya pada Sabtu (2/12/2023) pagi saat seorang pria yang dikiranya seorang kurir tersebut mengantarkan paket makanan ke rumah Mbah Widodo.

Ia pun curiga, sebab Mbah Widodo yang sudah sepuh tidak pernah memesan paket makanan, hingga akhirnya berinisiatif untuk merekam proses penyerahan dan juga penggantian paket yang diterimakan tersebut. “Hanya antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti hipnotis atau apa,” ujarnya.

Rozikin juga mengakui sempat memanggil pria yang dikiranya kurir tersebut untuk mencari tahu. Namun, pria yang dimaksud tidak merespons dan langsung meninggalkan rumah Mbah Widodo.

Karena penasaran, ia juga sempat menanyakan isi paket kepada mbah Widodo yang kemudian diketahui paket makanan berisi nasi, lauk, sayur, buah, dan kerupuk bantuan Pemerintah untuk lansia.

Namun, ia tetap curiga paket yang diserahkan yang kecil, sementara paket yang lebih besar hanya difoto. Hingga akhirnya berinisiatif mengunggah rekaman video tersebut melalui media sosial. “Tujuannya agar program pemerintah diperbaiki dan kejadian seperti itu tidak terulang lagi,” ujarnya.

Ia juga tidak menyangka jika unggahan tersebut akhirnya viral dan banyak warganet yang menyampaikan kritikannya. “Sekarang masalahnya sudah selesai, bahkan unggahan video juga sudah saya hapus setelah tahu duduk permasalahannya,” ujar Rozikin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement