Rabu 06 Dec 2023 08:31 WIB

Viral Video Paket Makanan Lansia Ditukar, Ini Klarifikasi Dinsos Kabupaten Semarang

Total ada 102 lansia tunggal yang menerima bantuan Permakanan Lansia dari Kemensos.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Agus raharjo
Petugas menyalurkan kepada seorang lansia. (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Petugas menyalurkan kepada seorang lansia. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN—Video yang merekam seorang pria membagikan paket makanan kepada seorang nenek di sebuah emperan rumah viral di media sosial. Sebab setelah proses ini diabadikan, pria tersebut menggantinya dengan paket makanan yang ukurannya lebih kecil.

Sedangkan paket yang berukuran lebih besar tersebut kemudian diambil dan dibawa kembali oleh pria yang ditengarai merupakan seorang kurir, sebelum akhirnya pergi meninggalkan perempuan lansia tersebut. Setelah rekaman video ini diunggah melalui media sosial, mendapatkan respons dari warganet.

Baca Juga

Terlebih dalam video berdurasi 1,06 menit tersebut diberi narasi, salah satunya ‘Viral Diduga Bantuan Lansia Banyak, Ternyata hanya untuk Difoto’ dan beberapa penjelasan lainnya. Semula dalam video tersebut tertulis peristiwa ini terjadi di Salatiga.

Namun, dari penelusuran ternyata terjadi di wilayah Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, tepatnya di Dusun Klero Wetan, Desa Klero. Perempuan lansia yang ada dalam rekaman video tersebut adalah Mbah Widodo yang telah berusia 70-an tahun.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Semarang, Istichomah, yang dikonfirmasi ihwal video yang viral tersebut mengatakan, paket makanan tersebut memang bantuan Permakanan untuk Lansia dari Kementerian Sosial (Kemensos). Lansia di Kabupaten Semarang menjadi salah satu penerima manfaat program bantuan tersebut, salah satunya di Kecamatan Tengaran.

Kurir dibayar Rp 1.000 per lansia...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement