Senin 04 Dec 2023 17:38 WIB

Istana Pertanyakan Motif Fahrul Razi Ungkit Reshuffle dengan Latar Pembubaran FPI

Istana menanggapi klaim Fahrul Razi di-reshuffle karena menolak pembubaran FPI.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani
Menteri Agama Fahrul Razi menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Sarasehan Bulan Bakti Pendidikan Agama Islam di Hotel Santika, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (14/12).
Foto:

Sebelumnya, mantan Menag Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi menceritakan soal pemberhentian dirinya sebagai Menag. Reshuffle Fachrul Razi terjadi pada akhir 2020. Ia pun menduga penyebab reshuffle dirinya karena menolak pembubaran FPI. 

Dalam sebuah siniar yang potongan videonya beredar viral, Fachrul menceritakan, seminggu sebelum di-reshuffle, pemerintah menggelar rapat kabinet membahas soal pembubaran FPI. Menurutnya, saat itu seluruh menteri dan kepala badan dan lembaga sepakat untuk membubarkan FPI. Namun hanya dirinya saja yang menolak.

"Jadi pada saat rapat, semua menteri dan kepala badan dan lembaga tidak ada satu pun yang ngomong lain kecuali bubarkan. Hanya saya satu-satunya yang sampaikan itu (penolakan pembubaran FPI)," ungkapnya.

Tiga hari setelah dirinya di-reshuffle, pemerintah membubarkan FPI. Fachrul Razi pun mengaku senang pembubaran FPI terjadi bukan ketika dirinya menjabat sebagai Menag. Pembubaran FPI dilakukan pada Rabu (30/12/2020) melalui SKB enam menteri terkait larangan kegiatan penggunaan simbol dan atribut serta penghentian kegiatan FPI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement