Selasa 21 Nov 2023 17:44 WIB

Selasa Besok, Jokowi Lantik Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI

Jenderal Agus menggantikan Laksamana Yudo menjadi panglima TNI ke-23.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.
Foto: Republika/Prayogi
Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI ke-23 menggantikan Laksamana Yudo Margono. Hal itu dikonfirmasi oleh Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana.

Agenda pelantikan rencananya akan digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Rabu (22/11/2023) pagi WIB. "Rencananya besok pagi, Bapak Presiden dijadwalkan akan melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI," kata Ari kepada wartawan di Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Pada hari ini, DPR telah menggelar rapat paripurna kesembilan masa persidangan II tahun sidang 2023-2024 untuk menetapkan Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI terpilih. Panglima TNI Laksamana Yudo Margono diketahui akan mengakhiri masa tugasnya pada 26 November 2023.

"Apakah laporan Komisi I DPR atas hasil uji kelayakan fit and proper test calon panglima TNI tentang pemberhentian Laksamana Yudo Margono dan menetapkan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon panglima TNI tersebut dapat disetujui?" tanya Ketua DPR Puan Maharani dijawab setuju oleh anggota dewan, Selasa (21/11/2023).

Agus menekankan netralitas lembaga yang akan dipimpinnya nanti pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Netralitas tersebut ditekankannya mengingat banyaknya pertanyaan ihwal dirinya yang dianggap 'orang dekat' dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya Agus menyampaikan visinya jika terpilih sebagai panglima TNI yang disingkatnya dengan sebutan PRIMA. "Guna terlaksananya semua tugas TNI yang telah ditetapkan, saya memiliki visi TNI yang PRIMA, yaitu TNI yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif," ujar Agus di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement