Senin 30 Oct 2023 17:04 WIB

Diperiksa Dewas KPK Terkait Pemerasan Syahrul Yasin Limpo, Ini Klaim Alexander Marwata

Baru dua pimpinan KPK yang memenuhi pemeriksaan Dewas terkait dugaan pemerasan.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus raharjo
Ketua KPK Firli Bahuri (kiri) bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.
Foto: Dok Republika
Ketua KPK Firli Bahuri (kiri) bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata telah diperiksa Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Dia mengaku dicecar mengenai dugaan pemerasan terhadap eks menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan foto pertemuan Firli Bahuri-SYL di sebuah GOR bulutangkis.

"Pada umumnya terkait dugaan pemerasan juga klarifikasi terkait dengan foto, itu saja yang ditanyakan," kata Alex kepada di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Senin (30/10/2023).

Baca Juga

Alex mengeklaim tidak mengetahui isi pertemuan tersebut. Apalagi dugaan pemerasan, sebagaimana pelaporan terhadap Firli ke Dewas KPK. "Terkait dengan pemerasan saya kan enggak tahu peristiwanya seperti apa," ujar Alex.

Alex mengungkapkan, terkait dengan foto pertemuan Firli-SYL, Dewas mencecar dirinya soal proses atau mekanisme penanganan di KPK. Mulai dari pengaduan sampai dengan penindakan. "Apa pengawasan atau kontrol yang dilakukan pimpinan, saya tadi jelaskan," ujar dia.

 

Dewas KPK sebelumnya menjadwalkan pemeriksaan seluruh Pimpinan KPK terkait laporan dugaan pelanggaran kode etik Firli Bahuri bertemu dengan SYL pada Jumat (27/10/2023). Namun, saat itu, hanya Nurul Ghufron yang dapat memenuhi panggilan tersebut.

Firli tidak bisa hadir dengan alasan ada kegiatan lain di kantor. Sementara itu, dua komisioner KPK, Alexander Marwata dan Johanis Tanak juga absen karena tengah melakukan dinas ke luar kota. Sedangkan Nawawi Pomolango berhalangan hadir lantaran sakit.

Pemeriksaan Nurul Ghufron....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement