Selasa 24 Oct 2023 15:15 WIB

Kebakaran Gunung Papandayan Garut Belum Padam, Diduga Akibat Ulah Manusia

Sekitar 152 personel gabungan diterjunkan memadamkan api sejak Selasa pagi.

Rep: Bayu Adji/ Red: Agus raharjo
Kawasan Gunung Papandayan di Kabupaten Garut dilaporkan mengalami kebakaran pada Ahad (22/10/2023).
Foto: Dok.Warga
Kawasan Gunung Papandayan di Kabupaten Garut dilaporkan mengalami kebakaran pada Ahad (22/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Seratusan petugas gabungan masih berupaya melakukan proses pemadaman kebakaran yang terjadi di kawasan Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, hingga Selasa (24/10/2023). Kebakaran yang terjadi sejak Ahad (22/10/2023) itu masih belum berhasil dipadamkan.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Kabupaten Garut Dodi Arisandi mengatakan, pihaknya masih terus berupaya melakukan proses pemadaman kebakaran di Gunung Papandayan. Sekitar 152 personel gabungan telah diterjunkan melakukan penanganan api sejak Selasa pagi.

Baca Juga

"Kami masih terus upayakan pemadaman. Tadi pagi kita berangkatkan sekitar 152 orang personel gabungan," kata dia saat dikonfirmasi Republika.co.id, Selasa (24/10/2023) siang.

Dodi mengatakan, hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran itu. Pihaknya akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan penyebab kebakaran tersebut.

Namun, ia menduga, terdapat unsur andil manusia dalam penyebab kebakaran di kawasan Gunung Papandayan. "Kemungkinan ada faktor andil manusia yang menyebabkan kebakaran itu, baik disengaja atau tidak disengaja. Nanti kita akan koordinasi lebih lanjut," kata dia.

Titik api diketahui pada Ahad malam...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement