Sabtu 23 Dec 2023 17:22 WIB

Tiga Gunung di Garut Dibuka untuk Pendakian Selama Libur Nataru

Tiga gunung yang dibuka adalah Gunung Papandayan, Gunung Guntur, dan Cikuray.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andri Saubani
Gunung Papandayan
Gunung Papandayan

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Seksi Konservasi Wilayah V Kabupaten Garut, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat (Jabar) menyatakan tiga gunung di wilayah Kabupaten Garut terbuka untuk aktivitas pendakian selama momen libur Natal dan tahun baru (Nataru). Tiga gunung yang dimaksud adalah Gunung Papandayan, Gunung Guntur, dan Cikuray.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Kabupaten Garut Dodi Arisandi mengatakan, momen libur panjang biasanya akan dimanfaatkan para pendaki untuk melakukan pendakian gunung di wilayah Kabupaten Garut. Namun, hingga saat ini belum ada peningkatan signifikan aktivitas pendakian gunung di Kabupaten Garut. 

Baca Juga

"Sejauh ini wisatawan yang mendaki gunung di Garut belum ada peningkatan signifikan. Masih seperti akhir pekan biasa," kata dia saat dikonfirmasi Republika, Sabtu (23/12/2023).

Ia menegaskan, sejumlah gunung di Kabupaten Garut yang dikelola oleh BBKSDA Jabar dibuka untuk aktivitas pendakian selama momen libur Nataru. Artinya, para pendaki bisa melakukan pendakian di gunung-gunung tersebut.

Meski demikian, Dodi mengimbau para pendaki diminta tetap menjaga kebersihan selama melakukan aktivitas pendakian.

"Selalu ikuti prosedur dan tidak meninggalkan sampah di gunung. Sampah harus dibawa (turun) lagi dan dikumpulkan atau dibuang pada tempatnya," kata dia.

Ia pun meminta para pendaki untuk tetap berhati-hati. Pasalnya, kondisi cuaca di Kabupaten Garut tak bisa diprediksi. Beberapa waktu lalu juga wilayah Kabupaten Garut sudah turun hujan dengan intensitas tinggi.

"Kami minta pendaki mempersiapkan kondisi kesehatan dan membawa alat yang diperlukan untuk mendaki," ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement