Selasa 26 Dec 2023 19:25 WIB

Pendakian Gunung di Garut Kembali Dibuka, Tertarik ke Papandayan, Guntur, atau Cikuray?

Pendakian gunung di Kabupaten Garut sempat ditutup akibat kebakaran hutan.

TWA Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat. Pendakian Gunung Papandayan telah dibuka kembali.
Foto: Republika/Bayu Adji P
TWA Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat. Pendakian Gunung Papandayan telah dibuka kembali.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Destinasi wisata pendakian gunung di Kabupaten Garut, Jawa Barat (Jabar) kini sudah dibuka kembali untuk umum. Sebelumnya, pendakian sempat ditutup akibat kebakaran hutan.

"Iya, tidak ada penutupan," kata Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah V Garut Dodi Arisandi saat dihubungi di Garut, Selasa (26/12/2023).

Baca Juga

Dodi menuturkan kawasan gunung yang boleh didaki umum berada dalam kewenangan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA),  yakni Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan dan Gunung Guntur di Kecamatan Tarogong Kaler. Sementara itu, Gunung Cikuray wilayah kewenangan Perhutani.

Sejauh ini, lanjut Dodi, wisatawan mendaki Gunung Papandayan maupun Gunung Guntur via Jalur Citiis, Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler terpantau belum ramai. Ia mengimbau siapa saja yang melakukan pendakian untuk selalu memperhatikan keselamatan dan tidak memaksakan diri apabila tidak dilengkapi peralatan yang memadai.

Selain itu, Dodi mengimbau agar wisatawan menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Wisatawan diingatkan tidak membakar atau membuat api sembarang tempat untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan.

"Jangan membakar dan buat api sembarangan," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement