Selasa 24 Oct 2023 14:51 WIB

Awal Musim Hujan Diprakirakan tak Lama Lagi Tiba, Ini Imbauan dari BMKG

Menurut BMKG, hujan sudah mulai turun di wilayah Jabodetabek bagian Selatan.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andri Saubani
Musim hujan (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Musim hujan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Musim hujan tak lama lagi akan tiba. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merekomendasikan masyarakat untuk melakukan pembersihan saluran-saluran air di lingkungan terdekat. Hal itu dinilai perlu dilakukan di samping terus menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Yang paling sederhana adalah pembersihan saluran-saluran air di lingkungan terdekat, dapat dilakukan secara mandiri oleh masyarakat di lingkup RT/ RW,” ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani kepada Republika, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga

Selain itu, kata dia, menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai, got, dan saluran air lainnya tidak kalah penting. Kemudian, daerah-daerah resapan air juga perlu dipastikan agar tak terjadi dampak tak diinginkan dari air hujan di musim hujan mendatang.

“Lalu juga tentu tetap menjaga lingkungan, seperti buang sampah tidak ke sungai, got, saluran air lainnya, dan tentu memastikan tersedianya daerah-daerah resapan air,” kata dia.

 

Hujan akhirnya turun di wilayah Jabodetabek bagian Selatan. Melihat itu, BMKG mengungkapkan, di wilayah tersebut memang sudah mulai memasuki masa transisi dari musim kemarau menuju musim hujan.

“Memang di Selatan Jabodetabek, seperti Bogor dan Depok bagian Selatan, sudah mulai transisi dan beberapa waktu terakhir terjadi hujan di sana. Saat ini memang belum sampai ke Jakarta bagian selatan. Akan terus kami pantau update-nya,” kata Andri.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement