Selasa 24 Oct 2023 14:20 WIB

Hujan Mulai Tiba, BMKG: Jabodetabek Bagian Selatan Sudah Masuk Masa Transisi Musim

DKI Jakarta dan Jabodetabek pada umumnya akan masuk mulai di bulan November.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi hujan
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi hujan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Hujan akhirnya turun di wilayah Jabodetabek bagian selatan. Melihat itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, di wilayah tersebut memang sudah mulai memasuki masa transisi dari musim kemarau menuju musim hujan.

“Memang di selatan Jabodetabek, seperti Bogor, sudah mulai transisi dan beberapa waktu terakhir terjadi hujan di sana. Saat ini memang belum sampai ke Jakarta bagian selatan. Akan terus kami pantau update-nya,” ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani kepada Republika, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga

Andri menjelaskan, prediksi BMKG soal waktu masuknya musim hujan di DKI Jakarta dan Jabodetabek secara umum masih sama dengan prediksi sebelumnya, yakni pada dasarian II November. Dasarian merupakan satuan waktu meteorologi di mana dalam satu dasarian berjumlah 10 hari. Dengan demikian, musim hujan diprediksi akan masuk sekiranya pada pertengahan November.

“Untuk DKI Jakara dan Jabodetabek pada umumnya akan masuk mulai di bulan November di dasaran II, dan tiap wilayah bervariasi. Dan yang terlebih dulu masuk di wilayah bagian Selatan,” ujar dia.

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement