Senin 09 Oct 2023 12:31 WIB

Tiga Terduga Pelaku Pembunuhan Aktivis Papua Michelle Kurisi Ndoga Ditangkap

Empat terduga pelaku saat ini masih dalam pengejaran.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Agus raharjo
Ilustrasi pembunuhan
Foto:

Michelle Ndoga, adalah seorang perempuan, aktivis kemanusian di Papua. Dia ditemukan meninggal dunia pada akhir Agustus 2023 lalu di Lany Jaya. Meninggalnya Michelle, terkuak melalui rekaman video yang tersebar di sejumlah media sosial (medsos) dan di kalangan wartawan.

Dari rekaman tersebut, Michelle meninggal dunia karena ditembak. Sebelum meninggal, segerombolan orang yang mengatasnamakan kelompok kemerdekaan Papua melakukan introgasi, dan penyiksaan.

Sebelum dibunuh, Michelle beberapa kali terjun langsung ke wilayah Nduga, Papua untuk mengecek kondisi masyarakat Papua yang mengungsi akibat konflik bersenjata antara TNI-Polri dan kelompok separatisme Papua. Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), pada Jumat (1/9/2023) mengaku bertanggungjawab atas pembunuhan Michelle.

“Pasukan TPNPB dari Batalyn Egisu Kodap III Ndugama-Derakma berhasil tembak mati Michelle Kurisi Ndoga,” kata Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom, Jumat (1/9/2023).

Sebby mengatakan, pembunuhan terhadap Michelle, terkait dengan kegiatan intelijennya selama ini. Sebby menegaskan, dari laporan yang diterima olehnya, Michelle adalah anggota intelijen pasukan TNI-Polri. Otoritas keamanan Indonesia itu, kata Sebby, menggunakan Michelle sebagai perempuan asli Papua, untuk pengambilan data tentang masyarakat di Kenyam, Nduga.

Pengambilan data-data tersebut, kata Sebby, dengan tujuan untuk mencari keberadaan para anggota kelompok pasukan Papua Merdeka. Sebby menegaskan, TPNPB-OPM tak pandang bulu tentang siapapun yang kedapatan turut membantu, apalagi menjadi mata-mata pihak TNI-Polri di Papua.

“Kamu orang Papua, yang jadi mata-mata, kami akan bersihkan. Kami tidak akan pilah-pilah, laki-laki kah, perempuan kah, siapapun yang sudah ada nama-nama ini, akan kami bunuh,” ujar Sebby.

Kata dia, sebelum ditembak mati, Michelle sempat dilakukan introgasi oleh pasukan OPM saat perjalanan ke wilayah Kwijangge. “Setelah diintrogasi, tujuannya mau ambil data pengungsi perang masyarakat yang ada di Nduga,” kata Sebby.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement