Kamis 16 May 2024 21:54 WIB

Polda Papua Laporkan Separatis Papua Merdeka Kembali Bunuh Warga di Intan Jaya

Pembunuhan tersebut diduga dilakukan oleh kelompok bersenjata Undius Kogoya.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Muhammad Hafil
KKB di Papua (ilustrasi).
Foto: anadolu agancy
KKB di Papua (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAYAPURA — Kelompok separatis bersenjata Papua Merdeka kembali melakukan pembunuhan terhadap warga sipil. Polda Papua melaporkan, pada Kamis (16/5/2024) warga biasa bernama Boki Ugipa ditemukan meninggal dunia lantaran diserang dengan cara ditembak oleh separtis bersenjata di kawasan Bukit Kualagi, di Kampung Pogapa, Intan Jaya, Papua Tengah. Pembunuhan tersebut diduga dilakukan oleh kelompok bersenjata Undius Kogoya, dan Enos Tipagau.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Papua Komisaris Besar (Kombes) Ignatius Benny Prabowo melaporkan penembakan tersebut diduga terjadinua pada Rabu (15/5/2024) waktu setempat. “Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah dengan melakukan pembunuhan terhadap seorang warga sipil bernama Boki Ugipa di wilayah sekitar kaki Bukti Kualagi,” kata Kombes Benny, dalam siaran pers yang diterima wartawan di Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Baca Juga

Kombes Benny mengatakan, kejadian tersebut berawal dari adanya seorang warga di Kampung Pogapa yang melaporkan ke salah seorang personel kepolisian di Polres Intan Jaya tentang adanya tembakan di sekitar Bukit Kualagi. Dari laporan tersebut, anggota kepolisian itu langsung melakukan kontak dengan markas di Polres Intan Jaya. Sekaligus menghubungi tim mediasi yang berada di kantor Klasis Pogapa. “Anggota mencari tahu tentang informasi, dan kebenaran adanya kejadian tersebut,” begitu ujar Kombes Benny.

Pada Kamis (16/5/2024) pagi tadi, sejumlah personel Polres Intan Jaya mendatangi lokasi. Dan di lokasi kejadian ditemukan jenazah Boki Ugipa yang sudah tidak bernyawa.

“Mendengar adanya informasi tersebut tim mendatangi lokasi kejadian dan menemukan Boki Ugipa suda dalam kondisi tidak bernyawa dengan luka bekas tembakan di bagian dada,” begitu ujar Kombes Benny. Kepolisian, pun menjemput keluarga korban untuk bersama-sama mengambil jenazah Boki Ugipa yang sudah tak bernyawa. Dan pihak keluarga membawa jenazah Boki Ugipa ke Kampung Engganengga untuk persemayaman.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement