Senin 09 Oct 2023 12:31 WIB

Tiga Terduga Pelaku Pembunuhan Aktivis Papua Michelle Kurisi Ndoga Ditangkap

Empat terduga pelaku saat ini masih dalam pengejaran.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Agus raharjo
Ilustrasi pembunuhan
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi pembunuhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA — Satgas Operasi Damai Cartenz menangkap tiga terduga pelaku pembunuhan aktivis kemanusian Papua, Michelle Kurisi Ndoga. Kabid Humas Polda Papua Komisaris Besar (Kombes) Ignatius Benny Prabowo mengatakan, tiga terduga pelaku yang ditangkap tersebut, adalah PM, AW, dan RK alias RM.

Masih tersisa empat terduga pelaku lainnya, yang sampai saat ini masih dalam perburuan. Kombes Benny mengatakan, tiga terduga pelaku pembunuhan Michelle dilakukan pada Kamis (5/10/2023) lalu. Namun, begitu perilisan penangkapan tersebut, baru disampaikan pada Senin (9/10/2023).

Baca Juga

Kombes Benny pun menerangkan, operasi penangkapan para pelaku tersebut, dilakukan di wilayah-wilayah terpisah di Papua. “Terduga pelaku inisial PM ditangkap di Jayawijaya. Terduga AW ditangkap di Jayapura. Dan terduga RK alias RM ditangkap di Tolikara,” kata Kombes Benny melalui pesan singkat kepada wartawan di Jakarta, Senin (9/10/2023).

Menurut dia, dari hasil penyelidikan, operasi pengejaran pelaku pembunuhan terhadap Michelle masih menyisakan empat terduga pelaku yang belum berhasil ditangkap. “Kasus pembunuhan ini diduga dilakukan oleh tujuh orang. Dan tersisa empat lagi yang belum ditangkap. Mereka (yang belum ditangkap) adalah KW, JW, DW, dan K,” ujar Kombes Benny.

Kata dia, empat terduga pelaku pembunuhan yang masih dalam pengejaran tersebut, pun sudah dalam status buronan, masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). “KW, JW, DW, dan K, dalam status DPO,” kata Kombes Benny.

Adapun terkait tiga terduga pelaku yang sudah ditangkap, kata Kombes Benny, saat ini berada dalam pengamanan maksimal di sel tahanan Polda Papua. “Terduga pelaku PM, AW, dan RK alias RM akan dilakukan penyidikan lebih lanjut,” ujar Kombes Benny.

Dia menambahkan, dari rencana penyidikan, tim kepolisian akan menjerat para pelaku pembunuhan tersebut, dengan sangkaan pasal-pasal pembunuhan berencana, dan penghilangan nyawa. “Kasus ini adalah kasus pembunuhan berencana, dan pembunuhan yang dilakukan secara sadis terhadap aktivis perempuan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). Kepolisian, memastikan untuk mengusut tuntas kasus pembunuhan tersebut,” kata Kombes Benny.

Michelle meninggal dunia karena ditembak...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement