Ahad 17 Sep 2023 16:37 WIB

UMJ Inovasi Obat Kumur Propolis Herbal dengan Pendanaan Matching Fund Kedai Reka

Obat kumur hasil riset UMJ berpotensi paten terdaftar.

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menginovasi obat kumur propolis herbal yang memiliki potensi paten terdaftar.
Foto: Dok. UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menginovasi obat kumur propolis herbal yang memiliki potensi paten terdaftar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) telah menginovasi obat kumur propolis herbal sebagai hilirisasi riset dosen dan mahasiswa. Ketua tim riset Prof Dr Ir Tri Yuni Hendrawati mengatakan bahwa Obat kumur propolis herbal mengandung komposisi alami dikombinasi dengan propolis dan herbal sirih kompetitif dari harga, hilirisasi propolis dan madu dan saat ini sudah ada obat kumur propolis dan yang impor jepang tanpa herbal yang mahal. 

"Obat kumur propolis herbal hasil riset dosen UMJ mempunyai potensi paten terdaftar," katanya, mengutip keterangan tertulis, Ahad (17/9/2023).

Baca Juga

CV Madu Apiari Mutiara merupakan salah satu mitra IKM  yang bergerak di bidang usaha madu dan turunan lebah. Salah satu produk turunan lebah adalah propolis. 

Dalam kegiatan Matching Fund Kedai Reka tahun 2023 bersama Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menginovasi produk obat kumur propolis herbal. Komitmen pihak mitra sanggup mendukung pengembangan hasil riset dosen UMJ yaitu produk obat kumur propolis herbal menjadi produk komersial dan siap dipasarkan dan mengalokasikan dana dan/atau sumberdaya untuk pengembangan produk tersebut.

 

Keunggulan UMJ ini adalah keterkaitan inovasi dengan rekam jejak pengusul dan mitra adalah sejak lima tahun terakhir serta UMJ dan mitra telah mempunyai MOU dan implementasi  dalam bidang  SDM dalam pengembangan research and development, Lulusan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, fasilitas dan sarana untuk pengenalan perusahaan dan produk di lingkungan Perguruan Tinggi dan masyarakat sekitar, tempat Penelitian bagi Mahasiswa dan Dosen UMJ, tempat Kerja Praktek ataupun Magang bagi Mahasiswa UMJ, tempat Magang bagi Dosen UMJ, tempat untuk Kunjungan Industri mahasiswa dan dosen UMJ, tempat untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen dan mahasiswa  UMJ. 

Pada inovasi obat kumur propolis herbal serta penyusunan bisnis plan merupakan rekam jejak pengusul yang dimanfaatkan dan dikolaborasikan dengan mitra. Para peneliti bekerja lintas disiplin keilmuan bersama 30 Mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan hibah matching fund kedai reka dengan judul Peningkatan mutu dan pasar diversifikasi produk berbasis lebah madu dan herbal.

Manfaat bagi UMJ adalah pelaksanaan pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) yaitu  IKU 2, IKU 3 dan IKU 5 dan implementasi Kerjasama dengan mitra. Bagi mitra terpecahkan masalah dan solusi, mempunyai produk unggulan obat kumur propolis herbal halal alami yang akan menaikkan profit dan pasar. 

Program ini memberi manfaat bagi Pemda Kota Depok adanya etalase produk sebagai produk unggulan IKM dan dapat menjadi buah tangan khas Kota Depok. Pihak mitra berkomitmen dalam pengembangan hasil riset produk obat kumur propolis herbal dan menyediakan pendanaan sesuai ketentuan MF 2023. 

Terima kasih kepada Kemdikbudristek telah memfasilitasi pendanaan Matching Fund Kedai Reka tahun 2023 dan memberikan motivasi UMJ dalam menginovasi produk dan meningkatkan kolaborasi untuk komersialisasi produk riset. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement