Jumat 15 Sep 2023 16:40 WIB

Kunjungan Wisata ke Cirebon Lampaui Target, Capai Dua Juta Wisatawan

Kota Cirebon kian memiliki daya tarik mendatangkan wisatawan.

Warga mengendarai skuter listrik saat bermain di Alun-alun Sangkala Buana, Cirebon, Jawa Barat.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga mengendarai skuter listrik saat bermain di Alun-alun Sangkala Buana, Cirebon, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat mencatat capaian kunjungan wisata ke kota ini melampaui target yang ditetapkan lebih dari dua juta wisatawan sampai dengan September 2023. "Kunjungan wisata target 2 juta berdasarkan informasi sudah melebihi dari target. Informasi dari Disbudpar lebih dari dua juta (wisatawan) itu," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi, di Cirebon, Jumat (15/9/2023).

Agus menuturkan, target itu dapat terlampaui karena Kota Cirebon memiliki daya tarik untuk mendatangkan wisatawan, khususnya dari sisi destinasi kuliner, budaya, dan sejarah. Semua keunggulan itu, kata dia, telah ditopang dengan fasilitas dan sarana yang memadai, sehingga wisatawan dapat merasa nyaman ketika berlibur di Kota Cirebon.

Baca Juga

"Keunggulan Kota Cirebon itu memang dari sisi pariwisata yang bisa kita jual ke luar itu, kita punya fasilitas dan sarana yang lengkap," ujarnya.

Selain meningkatkan kuantitas, kata dia lagi, Pemkot Cirebon juga berkomitmen untuk membenahi kualitas destinasi agar para turis bisa lebih lama berwisata di Kota Udang ini. Agus menekankan pentingnya kolaborasi bersama dengan pemerintah daerah di kawasan Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) membentuk paket wisata terpadu, sehingga wisatawan memiliki banyak opsi untuk berkunjung ke beberapa destinasi.

"Harus kolaborasi dengan daerah lain, sehingga kita bisa menjual paket. Misalkan tadi di Cirebon bermalam ataupun kuliner, wisata alamnya bisa ke Majalengka dan Kuningan. Bisa ke Kabupaten Cirebon," katanya.

Lebih lanjut, ia menilai beroperasinya penerbangan komersial di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat pada 29 Oktober 2023 berpotensi mendongkrak kunjungan wisata di Kota Cirebon. Oleh karenanya, ujar dia lagi, Pemkot Cirebon sudah mengambil langkah awal guna mengenalkan keunggulan wisata. Namun akan lebih baik jika pemangku kepentingan berkolaborasi supaya wisatawan melirik destinasi Ciayumajakuning.

"Pasti akan mendongkrak, cuma kita salah satunya tadi selain memajukan wisata Ciayumajakuning yang perlu didiskusikan tadi supaya orang tertarik untuk bisa datang ke Cirebon. Apalagi sarana aksesnya sudah ada dari jalan tol dan Kertajati," katanya pula.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement