Kamis 14 Sep 2023 17:17 WIB

Cara Memesan Travel dan Jeep Wisata Gunung Bromo

Pemesanan travel termasuk mobil jeep sebenarnya merupakan cara yang mudah.

Sejumlah pelaku usaha dan penyedia jasa wisata di kawasan wisata Gunung Bromo mengalami kerugian akibat kebakaran lahan dan hutan.
Foto: Republika/ Wilda Fizriyani
Sejumlah pelaku usaha dan penyedia jasa wisata di kawasan wisata Gunung Bromo mengalami kerugian akibat kebakaran lahan dan hutan.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Kawasan wisata Gunung Bromo termasuk salah satu tempat favorit wisatawan, baik lokal maupun internasional. Meksipun saat ini ditutup karena kebakaran, pembukaan tempat wisata tersebut masih dinantikan masyarakat. 

Pemesanan travel termasuk mobil jeep sebenarnya merupakan cara yang mudah. Untuk orang yang memahami dunia digital, wisatawan sebenarnya cukup mencari di Google. Melalui cara ini biasanya akan banyak muncul nama-nama agensi travel yang menawarkan perjalanan ke Gunung Bromo. 

Baca Juga

Khusus untuk anak muda, mereka biasanya lebih menyukai pencariannya melalui media sosial (medsos) seperti Instagram, Tiktok, dan Facebook. Namun, sebelum memutuskan memilih, wisatawan alangkah baiknya memeriksa keaslian akun tersebut guna menghindari penipuan. Hal ini dapat dilihat melalui aplikasi Get Contact pada nomor kontak tersebut. 

Selain itu, wisatawan juga dapat mendatangi langsung orang-orang yang biasanya menawari taksi di sekitar Stasiun Malang. Para sopir mobil ini biasanya memiliki banyak afiliasi dengan travel Bromo. 

Dari sejumlah cara tersebut, cara yang paling mudah adalah dengan bertanya ke teman yang pernah pergi ke Gunung Bromo. Jika teman Anda masih menyimpan kontak travel, maka jangan ragu memintanya. Selain dapat terhindar dari penipuan, cara ini juga termasuk cepat untuk mendapatkan travel.

Adapun biaya travel untuk perjalanan ke Gunung Bromo termasuk menyewa mobil jeep sebenarnya bermacam-macam. Jika turis asing atau wisatawan yang ingin lebih privat perjalanannya, maka biayanya sekitar Rp 1-2 juta. Masing-masing travel ada yang menyajikan fasilitas tertentu termasuk dokumentasinya.

Namun, untuk wisatawan yang mengikuti open trip, maka akan dikenakan biaya Rp 250 ribu sampai Rp 350 ribu per orang. Sistem ini biasanya berpotensi dicampur dengan wisatawan lain yang tidak dikenal.

Besaran biaya yang disebutkan sebelumnya termasuk paket penjemputan di shuttle point. Artinya, wisatawan biasanya akan dijemput mobil biasa untuk kemudian diantar ke Tumpang. Wilayah Tumpang merupakan titik keberangkatan mobil jeep dari Malang yang hendak ke Gunung Bromo. 

Selain Tumpang, sebenarnya juga ada wilayah lain yang biasanya menjadi titik keberangkatan mobil jeep. Beberapa di antaranya ada yang area menuju Gubugklakah maupun rest area Gubugklakah. Semua ketentuan tersebut bergantung pada agensi jeep Bromo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement