Ahad 10 Sep 2023 20:20 WIB

Pemprov Sulteng Bertekad Jadi Penyuplai Durian untuk IKN

Hal itu seiring komitmen Sulteng jadi daerah penyangga pangan dan logistik bagi IKN.

Pedagang durian montong di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (6/6/2022).
Foto: ANTARA/Basri Marzuki
Pedagang durian montong di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (6/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) bertekad menjadi daerah penyuplai durian untuk warga Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur, dalam rangka menopang kebutuhan pangan masyarakat IKN.

"Iya, saat ini pengembangan dan penanaman durian terus dilakukan," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura, Nelson Metubun, di Palu, Ahad (10/9/2023).

Baca Juga

Nelson menguraikan pengembangan budi daya tanaman durian dilakukan oleh Pemprov Sulteng bersinergi dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi. Hal itu, sebut dia, seiring dengan komitmen dari Pemprov Sulteng bertekad menjadi daerah penyangga kebutuhan pangan dan logistik untuk IKN di Kalimantan Timur.

Bahkan, ujar dia, melalui sinergi tersebut, Sulteng mendapat dukungan pengembangan tanaman durian untuk 3.000 hektare. "Kami menyanggupi hal ini, karena Sulteng memiliki potensi lahan pengembangan durian yang sangat luas tersebar di beberapa kabupaten," ungkapnya.

Ia menguraikan salah satu jenis durian yang dikembangkan di Sulteng yakni durian montong kani, durian mentega dan durian kulit hitam. "Pengembangan durian dilakukan berbasis pemberdayaan petani dan masyarakat," sebutnya.

Pemprov Sulteng melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura melibatkan masyarakat dan petani dan menanam durian. Pelibatan itu diikutkan dengan penyaluran bantuan bibit tanaman durian.

Kelompok Tani Belo Singgani Desa Rezeki, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, menjadi salah satu kelompok tani penerima manfaat bantuan bibit durian sebanyak 1.000 pohon.

Di samping itu, ujarnya, pihaknya juga menyiapkan 5.000 pohon bibit durian untuk ditanami di Lembah Napu, Kabupaten Poso.

"Pengembangan dan penanaman terus dilakukan, karena saat ini durian asal Sulawesi Tengah sudah menembus pasar nasional dan pasar ekspor, terutama ke Tiongkok dengan durian jenis montong dan matahari," ungkapnya.

 

 

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement