Senin 04 Sep 2023 16:00 WIB

Tiga Perempuan Pelaku Pencekokan Miras ke Kucing Dilaporkan ke Polresta Padang

Ketiga pelaku adalah mahasiswa yang indekos di kawasan Gurun Laweh, Kota Padang.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erik Purnama Putra
Tiga pelaku yang memberi miras ke kucing persia di Kota Padang, Sumbar minta maaf.
Foto: @matarakyat_sumbar
Tiga pelaku yang memberi miras ke kucing persia di Kota Padang, Sumbar minta maaf.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Indonesia Cat Association Cabang Padang melaporkan tiga orang wanita muda yang mencekoki seekor kucing dengan minuman keras di Kota Padang, belum lama ini. Aksi yang direkam dan diunggah di media sosial (medsos) viral hingga mengundang banyak kecaman.

Ketua Indonesian Cat Association Cabang Padang, Isnaini Iskandar, mengatakan, perbuatan pelaku telah melanggar Pasal 302 dan 540 KUHP. Dia pun meminta kepolisian agar para pelaku dapat diproses secara undang-undang berlaku.

"Kami membuat laporan hari ini. Memang sepatutnya (tindakan pelaku) dilaporkan," kata Isnaini di Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Senin (4/9/2023).

Indonesian Cat Association merupakan suatu perkumpulan komunitas organisasi kucing yang benefit tapi transparan serta profesional dan telah telah memiliki cabang seluruh Indonesia. Aduan terkait pencekokan miras ke kucing masuk ke Polresta Padang dengan nomor STTLP/B/588/IX/2023/SPKT/Polresta Padang/Polda Sumbar.

Tiga orang pelaku yang mencekoki seekor kucing dengan miras jenis soju itu adalah Syinta Ade Putri (24 tahun), Lenni Marlina (25), dan Sisri Annisa Wahida (22). Ketiganya adalah mahasiswa yang indekos di kawasan Gurun Laweh, Kota Padang.

Isnaini tahu ketiga pelaku sudah meminta maaf usai video perbuatan mereka viral. Namun, hal itu tidak menyurutkan niatan Isnaini meneruskan kejadian ini ke ranah hukum agar ada efek jera kepada pelaku.

"Minta maaf kan kepada cat lovers mandiri. Kita kan banyak komunitas, ya. Mungkin pada saat itu (permintaan maaf) komunitas Peduli Kucing Padang melakukan damai, situasi (di lokasi) itu baik untuk dilakukan. Walaupun berdamai, bukan berarti kasus ini diadakan," ujar Isnaini.

Informasi pencekokan kucing dengan miras ini terkuak setelah video viral di sosial media tiga orang wanita di sebuah kamar sedang memberikan minuman keras ke dalam mulut seekor kucing. Video tersebut disebarkan akun Instagram @matarakyat_sumbar. 

Video tersebut berdurasi 23 detik yang memperlihatkan tiga orang wanita mengangkat lalu mengayun-ayunkan kucing ras tersebut di dalam kamar. Ketiga wanita itu lalu tertawa. Selanjutnya, mereka memberikan cairan dari botol diduga merupakan minuman keras. Mereka memaksa kucing ini untuk meminumnya.

"Ibunya (kucing) berdua ini tidak sanggup sama saya. Cepatlah," kata perekam video.

Kucing persia dicecoki soju...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement