Sabtu 05 Aug 2023 22:06 WIB

Jamaah Antusias Ikuti Pelatihan Tahsin Doa Shalat Mayit Bersama Usbat Ganjar di Medan

Diharapkan warga setempat dapat mengaplikasikan ilmu dengan penuh manfaat.

Pelatihan tahsin doa shalat mayit bersama Majelis Taklim An Nahdliyah di Jalan Klambir V, Kelurahan Tanjung Gusta, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatra Utara.
Foto: Dok. Web
Pelatihan tahsin doa shalat mayit bersama Majelis Taklim An Nahdliyah di Jalan Klambir V, Kelurahan Tanjung Gusta, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatra Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kelompok relawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumatera Utara (Sumut) berkomitmen untuk terus menebarkan manfaat bagi sejuta umat melalui pelbagai rangkaian kegiatan bernilai positif. 

Terbaru mereka menggelar pelatihan tahsin doa shalat mayit bersama Majelis Taklim An Nahdliyah di Jalan Klambir V, Kelurahan Tanjung Gusta, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatra Utara. 

Baca Juga

Koordinator Daerah (Korda) Usbat Kota Medan Muhammad Nizar Nur, seperti dilansir pada Sabtu (5/8/2023) mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta cara melafalkan doa salat mayit yang baik dan benar. Sehingga apa yang dihanturkan kehadirat Allah SWT bisa sesuai dengan makna yang ingin disampaikan. 

"Perlunya pelatihan ini karena di tempat kami banyak sekali kekurangan terutama bilal-bilal mayit seketika ada kemalangan kita tidak bisa ngambil bilal dari luar. Dengan adanya pelatihan ini, mereka sudah siap apalagi bilal mayit perempuan ini jarang sekali," ujar Nizar. 

"Pastinya kami berikan bekal ilmu pengetahuan tentang berkaitan pelaksanaan pengurusan mayat beserta doa tahtimnya, jadi mereka sudah ready terlatih," lanjut dia. 

Nizar berharap para ibu-ibu dari Majelis Taklim An Nahdliyah nantinya bisa menerapkan ilmu yang mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari, terlebih saat pelaksanaan shalat mayit. 

Menurut dia, pelatihan tersebut disambut antusias oleh para peserta. Bahkan, kata Nizar, ibu-ibu yang hadir dalam kesempatan tersebut sudah menanti-nantikan pencerahan materi dari Usbat Ganjar. 

"Alhamdulillah kami kira memang inilah yang mereka nanti-nantikan. Artinya kami usbat tampil di sini memberikan pencerahan tahtim mayit ini sangat mereka tunggu-tunggu," ucap Nizar. 

Hal senada juga diungkapkan Ketua Majelis Taklim An Nahdliyah, Fatimah. Dia sangat bersyukur Usbat Ganjar Sumut dapat hadir memberikan ilmu pengetahuan agama tentang melafalkan tahsin doa salat mayit yang benar. 

"Tanggapan saya sangat baik sekali. Saya sangat berterima kasih kepada Usbat yang telah mengajarkan kita pelatihan tahsin dan doa salat mayit. Di sini kami lebih mendapatkan ilmu yang tadinya kurang fasih, dengan adanya ini jadi lebih tahu," ungkap Fatimah. 

Sebelumnya, kelompok serupa juga menggelar edukasi mengenai pelatihan cara menjadi khatib yang baik dan benar bersama jemaah Majelis Taklim Darul Muta'alimin di Dusun VIII Tanjung Tiga, Desa Karang Gading, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat. 

Koordinator Daerah (Korda) Kabupaten Langkat Muhammad Rizki mengatakan, pihaknya membutuhkan banyak sekali khatib untuk berkhotbah saat salat Jumat. Karena itu, pihaknya menghelat pelatihan tersebut agar makin banyak warga yang mampu menjadi khatib di wilayah tersebut.

 

"Kami melaksanakan pelatihan khatib Jumat karena di daerah ini membutuhkan banyak khatib untuk sholat Jumat," ujar dia, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement