Selasa 01 Aug 2023 22:23 WIB

Wagub Kalteng Ingatkan Sinergi Semua Pihak untuk Turunkan Angka Stunting

Angka Prevalensi Stunting Kabupaten Murung Raya capai 40,9 persen

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H. Edy Pratowo ketika memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Murung Raya, Selasa (1/8/2023) di Stadion Dr. Willy M. Yoseph, Puruk Cahu.
Foto: dok Pemprov Kalteng
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H. Edy Pratowo ketika memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Murung Raya, Selasa (1/8/2023) di Stadion Dr. Willy M. Yoseph, Puruk Cahu.

REPUBLIKA.CO.ID, MURUNG RAYA -- Angka Prevalensi Stunting Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), prevalensi angka stunting di Murung Raya mencapai 40,9 persen atau mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2021 yang hanya sebesar 31,8 persen.

"Angka prevalensi stunting di Murung Raya ini tertinggi se-Kalimantan Tengah," kata Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H. Edy Pratowo ketika memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Murung Raya, Selasa (1/8/2023) di Stadion Dr. Willy M. Yoseph, Puruk Cahu.

Wagub berharap masih tingginya angka stunting di Murung Raya hendaknya menjadi catatan untuk bekerja lebih keras lagi. Edy juga meminta Bupati dan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Murung Raya, agar bekerja lebih sinergis lagi, bersama-sama berkolaborasi menurunkan stunting, terutama dengan mengoptimalkan peran Puskesmas dan Posyandu.

“Untuk itu, upaya percepatan penurunan stunting yang sudah menjadi isu prioritas nasional juga harus benar-benar mendapatkan perhatian serius, karena persoalan kurang gizi kronis pada anak ini akan berakibat buruk terhadap kualitas SDM generasi kita di masa depan,” ujarnya.

Persoalan SDM ini lanjut Wagub sesuai dengan tema hari jadi Murung Raya yaitu  “Kreatif dan Inovatif Membangun Literasi Masyarakat yang Berdaya Saing Menuju Murung Raya Emas 2030”.

photo
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H. Edy Pratowo ketika memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Murung Raya, Selasa (1/8/2023) di Stadion Dr. Willy M. Yoseph, Puruk Cahu. - (Dok Pemprov Kalteng)

 

Wagub berharap tema ini mampu membangkitkan semangat untuk memperkuat kekompakan dan sinergi dalam memajukan pembangunan di segala bidang. Salah satu yang utama tentu adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berkualitas, karena tantangan-tantangan ke depan pastinya akan semakin berat dan kompleks.

Dibagian lain, Wagub juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Murung Raya beserta seluruh jajaran atas berbagai upaya, prestasi, dan capaian-capaian baik pembangunannya.

”Saya berpesan, segala capaian baik agar dipertahankan dan terus ditingkatkan. Kemudian, lakukan terus evaluasi dan langkah-langkah perbaikan terhadap berbagai kekurangan dan persoalan yang masih ada, seperti peningkatan konektivitas, pemerataan akses listrik ke desa/kelurahan, perluasan kesempatan kerja, dan lainnya,” ungkapnya.

Edy juga mengajak semua pihak untuk terus berinovasi guna memajukan pembangunan daerah dan kualitas pelayanan publik, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Murung Raya khususnya, dan Provinsi Kalimantan Tengah umumnya.

Terkait dengan kewaspadaan pada ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Wagub mengingatkan bahwa  pada tahun 2023 ini potensinya meningkat dibandingkan kondisi 3 tahun terakhir. Karena musim kemarau saat ini diperkirakan BMKG lebih ekstrem akibat El Nino.

“Seluruh jajaran pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, Forkopimda, instansi terkait, swasta, dan elemen masyarakat harus meningkatkan kesiapsiagaan untuk bersama-sama mencegah dan mengatasi Karhutla di Kalimantan Tengah,” pungkas Wagub Kalteng. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement